Shin Tae-yong Curhat ke Media Korea: Ungkap tentang Fans Garuda dan Sepak Bola Indonesia

Shin Tae-yong
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan kesannya selama menjadi pelatih di Indonesia serta peran penting suporter Garuda terhadap dirinya. Dalam wawancaranya dengan media Korea, Shin Tae-yong menyampaikan rasa terima kasih dan kekagumannya atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh para penggemar sepak bola Indonesia.

TIMNAS U-20 INDONESIA: Jens Raven Cetak Gol Lagi, Suporter Minta Gantikan Rafael Struick

Sejak memimpin Timnas Indonesia pada tahun 2019, Shin Tae-yong berhasil membawa perubahan signifikan dalam prestasi, taktik, serta fisik para pemain. Di bawah asuhannya, Timnas Indonesia mengalami peningkatan peringkat FIFA, dari posisi 142 menjadi 134 dunia dengan koleksi 1.102,70 poin.

Prestasi Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Shin Tae-yong

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Cerita Mees Hilgers Saat Pilih Indonesia Meski Sempat Debut di Belanda

Keberhasilan Shin Tae-yong tidak hanya terbatas pada tim senior. Timnas U-23 Indonesia juga mencatat sejarah baru dengan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 sebagai tim debutan. Atas pencapaian ini, PSSI memperpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga tahun 2027. Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menyampaikan kabar tersebut melalui akun Instagramnya, lengkap dengan foto dirinya berjabat tangan dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

“Setelah menikmati makanan khas Korea dan berdiskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama,” tulis Erick Thohir.

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Reaksi Tijjani Reijnders, Usai Adiknya Memilih Bela Timnas Indonesia

Perubahan Besar di Timnas Indonesia

Selama empat tahun terakhir, Shin Tae-yong berhasil meningkatkan kualitas permainan, peringkat, dan mentalitas para pemain. Kehadiran pelatih ini juga menarik minat sejumlah pemain keturunan Belanda untuk membela Timnas Indonesia. Pemain-pemain seperti Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven menunjukkan minat besar untuk bergabung, dengan Paes sudah menyelesaikan proses naturalisasinya.

Halaman Selanjutnya
img_title