Klopp dan Liverpool: Mengukir Kisah Cinta yang Berakhir Indah

Jürgen Klopp
Sumber :
  • IG/liverpoolfc

WISATA – Sepekan ini nama Klopp trending di beberapa platform media sosial, sebagian besar adalah karena alasannya mundur lebih awal dari Liverpool. Jürgen Norbert Klopp adalah seorang manajer sepak bola profesional dan mantan pemain asal Jerman yang dikenal luas sebagai salah satu manajer sepak bola terbaik di dunia. Klopp lahir pada 16 Juni 1967. Sebagian besar karir bermainnya dihabiskan di Mainz 05, di mana dia awalnya ditempatkan sebagai penyerang, tetapi kemudian dipindahkan ke pertahanan. Setelah pensiun pada tahun 2001, Klopp menjadi manajer klub, dan mengamankan promosi Bundesliga pada tahun 2004. Setelah mengalami degradasi pada musim 2006-2007 dan tidak dapat mencapai promosi, Klopp mengundurkan diri pada tahun 2008 sebagai manajer dengan masa jabatan terlama di klub tersebut.

Jürgen Klopp: Sang Maestro di Balik Kejayaan Liverpool

Klopp kemudian menjadi manajer Borussia Dortmund, membimbing mereka untuk meraih gelar Bundesliga pada 2010-2011, sebelum memenangkan double domestik pertama Dortmund selama musim yang memecahkan rekor. Klopp juga membimbing Dortmund untuk finis runner-up di Liga Champions UEFA 2012-2013 sebelum meninggalkan posisinya pada tahun 2015 sebagai manajer dengan masa jabatan terlama di Dortmund.

Klopp diangkat menjadi manajer Liverpool pada tahun 2015. Klopp telah membimbing klub ke final Liga Champions UEFA pada tahun 2018 dan 2022, dan memenangkan trofi pada tahun 2019 untuk mengamankan gelar pertama dan keenam Liverpool dalam kompetisi tersebut. Klopp juga memenangkan gelar Premier League pertama Liverpool, mengumpulkan 99 poin rekor klub dan memecahkan sejumlah rekor divisi teratas. Prestasi ini membuatnya memenangkan penghargaan Pelatih FIFA secara berturut-turut pada tahun 2019 dan 2020.

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Pengakuan Mengejutkan Pemain Liverpool Soal Laga Jepang VS Indonesia

Jürgen Klopp

Photo :
  • IG/liverpoolfc

Namun, baru-baru ini, Klopp telah mengumumkan keputusannya untuk mundur dari posisi manajer Liverpool pada akhir musim 2023-2024. Keputusan ini berarti Klopp akan meninggalkan Liverpool dua tahun lebih cepat dari kontraknya yang seharusnya baru berakhir pada tahun 2026. Alasan utama di balik keputusan ini adalah Klopp merasa 'kehabisan tenaga' untuk terus melatih Liverpool. Klopp menyatakan bahwa dia merasa kehabisan energi dan merasa tidak bisa terus melakukan pekerjaannya lagi dan lagi. Klopp juga mengungkapkan bahwa dia telah memberi tahu klub tentang keputusannya sejak November tahun sebelumnya, karena dia ingin manajemen Liverpool memiliki waktu yang cukup untuk mencari penggantinya. Klopp juga menegaskan bahwa dia tidak berencana untuk melatih klub lain setelah meninggalkan Liverpool.

MICHAEL OWEN: Hari Ini, 30 Agustus 2005 - 18 Tahun Silam

Keputusan ini berarti Klopp akan meninggalkan Liverpool dua tahun lebih cepat dari kontraknya yang seharusnya baru berakhir pada tahun 2026¹. Meski begitu, Klopp masih akan melatih Liverpool hingga akhir musim 2023-2024.

Halaman Selanjutnya
img_title