Profil Marselino Ferdinan, Wonderkid Persebaya yang Menyumbang Satu-satunya Gol ke Gawang Irak

Marselino Ferdinan
Sumber :
  • IG/nusafighter.id

WISATA – Marselino Ferdinan yang mempunyai nama lengkap Marselino Ferdinan Philipus adalah pemain sepak bola profesional asal Indonesia yang dikenal bermain sebagai gelandang serang. Marselino Ferdinan adalah putra bungsu dari pasangan Philipus Wio Roja Lodo dan Sudarwijani. Orangtua Marselino diketahui sebagai pensiunan dari perusahaan PT KAI (Kereta Api Indonesia) di Jakarta. Namun setelah pensiun, kedua orangtua Marselino memutuskan untuk pindah ke Surabaya beserta anak-anaknya, termasuk si bungsu Marselino.

THOM HAYE: Menuju Oxford United, Punya Peluang Satu Tim dengan Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan lahir di Jakarta, 9 September 2004. Meskipun demikian, Marselino memiliki keturunan dari Nusa Tenggara Timur. Di Surabaya, Marselino memulai karir sepak bolanya bersama salah satu klub raksasa Indonesia, Persebaya Surabaya. Pada Tahun 2020 sebagi pemain Junior, Marselino tergabung dalam SSB Indonesia Muda, Persebaya U16. Selanjutnya pada 2021 – 2023 Marselino masih tetap bermain bersama Persebaya Surabaya di tim senior, sebelum kemudian bergabung dengan Koninklijke Maatschappij Sportkring Deinze (KMSK Deinze) pada Tahun 2023 sampai sekarang.

 

Resmi Gabung Oxford United Marselino akan Tampil Lawan Nathan dari Swansea di EFL Championship

Marselino Ferdinan

Photo :
  • IG/kmskdeinze.id

KMSK Deinze adalah klub sepak bola profesional asal Belgia yang berbasis di Kota Deinze, East Flanders, yang berdiri sejak 1926. Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan KMSK Deinze, klub kasta kedua Liga Belgia, pada Rabu, 1 Februari 2023, yang perekrutannya dilakukan melalui media sosial Instagram. Di KMSK Deinze, Marselino Ferdinan mendapat kontrak satu tahun sampai Juni 2024. Sejak itulah pemain yang mendapat julukan Wonderkid Persebaya tersebut bermain untuk klub asal Belgia, KMSK Deinze, selama 1,5 musim.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Bukan Marselino, Media Jepang Takut Jika Pemain Ini Ada di Timnas

Dalam pertandingan Timnas Indonesia Senior melawan kesebelasan Irak yang berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Senin, 15 Januari 2024. Marselino Ferdinan mencetak gol pada menit ke-36, yang merupakan satu-satunya gol yang disarangkan oleh Timnas Indonesia senior ke gawang lawan. Gol Marselino terlahir berkat permainan apik Yakob Sayuri yang melakukan nutmeg saat melakukan penyerangan di sisi kiri pertahanan tim Irak. Marselino Ferdinan berhasil memaksimalkan umpan Yakob Sayuri dan berakhir dengan mencetak gol.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor akhir 1-3.

Halaman Selanjutnya
img_title