Dari Eindhoven ke Venezia, Inilah Kisah Jay Idzes yang Siap Berbakti untuk Timnas Indonesia

Jay Idzes
Sumber :
  • IG/jayidzes

Jakarta, WISATAJay Idzes adalah seorang pemain sepak bola profesional yang berasal dari Belanda, tetapi memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Dia bermain sebagai bek tengah untuk klub Venezia di Serie B, liga kasta kedua di Italia. Dia juga sedang dalam proses naturalisasi untuk bisa membela timnas Indonesia di ajang internasional.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Jay Idzes lahir pada 9 Januari 2000 di Eindhoven, Belanda. Dan mulai bermain sepak bola sejak usia muda di akademi PSV Eindhoven, salah satu klub terbesar di Belanda. Idzes berhasil menembus tim utama PSV pada musim 2018/2019, tetapi hanya tampil satu kali di Eredivisie, liga kasta tertinggi di Belanda.

Pada musim berikutnya, Idzes dipinjamkan ke Go Ahead Eagles, klub yang bermain di Eerste Divisie, liga kasta kedua di Belanda. Di sana, Idzes mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak dan menunjukkan kemampuannya sebagai bek tangguh dan berkarakter. Dan mencetak dua gol dan dua assist dalam 28 pertandingan bersama Go Ahead Eagles.

Program Naturalisasi PSSI: Kontroversi dan Keberhasilan Timnas Indonesia

Pada musim 2020/2021, Idzes kembali ke PSV, tetapi tidak mendapatkan tempat di tim utama. Dan kemudian memutuskan untuk hijrah ke Italia dan bergabung dengan Venezia pada bursa transfer musim panas 2021. Venezia saat itu baru saja promosi ke Serie B setelah menjuarai Serie C Grup B.

Di Venezia, Jay Idzes langsung menjadi pilihan utama pelatih Paolo Vanoli. Dan menjadi andalan di jantung pertahanan Venezia yang berambisi untuk promosi ke Serie A. Hingga pekan kedelapan Serie B musim ini, Idzes sudah tampil delapan kali sebagai starter dan membantu Venezia berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

Drama Kontrak Shin Tae-yong: Akankah Kembali ke Korea Selatan atau Bertahan di Timnas Indonesia?

Jay Idzes memiliki keterikatan dengan Indonesia karena kakek dan neneknya pernah tinggal di Indonesia selama 30 tahun. Idzes juga mengaku bangga dengan asal-usulnya dan tertarik untuk membela timnas Indonesia. PSSI pun bergerak cepat untuk memproses naturalisasinya agar bisa memperkuat skuad Garuda.

 

Halaman Selanjutnya
img_title