NATHAN TJOE-A-ON: Dapat Menit Bermain, Nathan Mulai Dipercaya oleh Klub Liga Inggris, Swansea City

Nathan Tjoe-A-On
Sumber :
  • tvonenews.com/Swansea City

Jakarta, WISATA – Jelang laga Timnas Senior Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, September mendatang, ada kabar baik tentang anak asuh Shin Tae-yong (STY) di Timnas Indonesia.

Nathan Thoe-A-On mulai mendapat kepercayaan di klub Liga Inggris, Swansea City.

Sejauh ini, STY mulai mempercayakan pemain yang berkarier di luar negeri untuk mengisi pos permainan Timnas Indonesia.

Pemain lokal seperti Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, hingga Asnawi Mangkualam tak pernah terlewat dari pandangan STY untuk dipilih ke Timnas Indonesia.

Hal serupa juga ditunjukkan STY kepada pemain keturunan, yang kini tengah merintis karier profesionalnya di kompetisi Eropa.

Kebanyakan dari mereka memang memulai karir sepak bolanya di Belanda.

Di antara mereka, tidak sedikit yang mulai dipercaya untuk promosi ke tim utama yang mentas di Eredivisie.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: STY Pastikan Lini Belakang Timnas Sudah Teratasi

Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye

Photo :
  • pssi.org

Namun, ada satu pemain andalan STY yang kini mulai mendapat kepercayaan untuk bermain di Liga Inggris.

Kabar ini tentu menggembirakan bagi STY dan Timnas Indonesia yang tidak lama lagi bakal melakoni putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nathan Tjoe-A-On, diberi menit bermain oleh pelatih Luke Williams, saat Swansea City menjalani agenda uji coba pra musim menghadapi klub Bristol Rovers, mantan klub Elkan Baggott.

Pilar Timnas Indonesia berusia 22 tahun itu, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, saat Swansea City ditahan imbang Bristol Rovers, 2-2, pada Jumat (19/7/2024).

Walaupun hanya masuk sebagai pemain pengganti, namun kesempatan ini menjadi sinyal positif bagi Nathan yang sebelumnya tak pernah dimainkan sejak musim lalu.

Sebelumnya, muncul kabar yang menyebut, bahwa Swansea City berencana untuk melego Nathan ke klub lain pada musim depan.

Media Belanda bahkan sempat memberitakan, kalau pemain Nathan Tjoe-A-On bakal berlabuh ke kontestan Eredivisie, FC Emmen.

Bukan cuma itu, pemain yang sudah menjadi WNI sejak Maret 2024 tersebut, juga dirumorkan bakal gabung ke Oxford United, klub yang dimiliki Erick Thohir dan Anindya Bakrie.

Rumor tersebut muncul, karena Nathan cukup kesulitan mendapat jam terbang, usai didatangkan Swansea City pada musim 2023/2024.

THOM HAYE: Menuju Oxford United, Punya Peluang Satu Tim dengan Marselino Ferdinan

Nathan Tjoe-A-On

Photo :
  • tvonenews.com

Didaratkan dari Excelsior pada bursa transfer musim lalu, Nathan hanya duduk di bangku cadangan hingga membuatnya dipinjamkan ke SC Heerenveen pada Januari 2024.

Bersama klub yang juga dibela oleh Thom Haye itu, Nathan Tjoe-A-On kembali sulit mendapat kesempatan bermain selama masa peminjaman.

Tercatat, Nathan Tjoe-A-On hanya bermain sebanyak empat pertandingan atau 15 menit saja, ketika dipinjamkan ke SC Heerenveen pada pertengahan musim lalu.

Hal itulah yang membuat SC Heerenveen tak berminat untuk mempermanenkan Nathan Tjoe-A-On dan memulangkannya ke Swansea City.

Penampilan Nathan Tjoe-A-On di laga pra-musim Swansea City, menjadi modal bagus bagi Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kesempatan tersebut dirasa bisa menambah rasa percaya diri Nathan sehingga termotivasi untuk terus mencapai tim utama.

(Sumber: tvonenews.com)

Resmi Gabung Oxford United Marselino akan Tampil Lawan Nathan dari Swansea di EFL Championship