Drama Kontrak Shin Tae-yong: Akankah Kembali ke Korea Selatan atau Bertahan di Timnas Indonesia?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah menjadi sorotan utama di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Namanya mencuat dalam berbagai perbincangan dan drama terkait masa depannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Sejak beberapa waktu terakhir, isu ini semakin memanas, terutama karena kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024 dan hingga kini belum ada tanda tangan kontrak baru.

MAARTEN PAES: Tak Main-Main Persiapkan Diri untuk Bergabung Timnas Indonesia

Masa Depan Shin Tae-yong dan Kembali ke Korea Selatan

Rumor kepulangan Shin Tae-yong ke Korea Selatan kembali mencuat setelah legenda sepak bola Korea Selatan, Lee Chun-soo, secara terbuka menyatakan niatnya untuk melobi Shin Tae-yong agar kembali melatih Taegeuk Warriors. Lee Chun-soo, yang merupakan mantan pemain Timnas Korea Selatan era 2000-an, mendesak Federasi Sepak Bola Korea (KFA) untuk segera mempertimbangkan kembali jasa Shin Tae-yong sebagai pelatih.

SADDIL RAMDANI: Tersisih dari Timnas, Kini, Saddil Punya Peran Penting di Sabah FC, Malaysia

"Sepak bola Korea harus dipilih dengan melihat masa depan daripada melihat Kualifikasi Piala Dunia," ujar Lee Chun-soo dalam sebuah wawancara dengan Naver pada Senin, 24 Juni 2024. Ia menambahkan bahwa KFA membutuhkan pelatih yang kompeten dan bisa bekerja sama dengan tim nasional. Lee Chun-soo menyebut hanya ada dua kandidat kuat pelatih lokal yang cocok untuk Korea Selatan, yaitu Hong Myung-bo dan Shin Tae-yong.

Lee Chun-soo bahkan menyatakan siap membantu KFA dalam merayu Shin Tae-yong agar bisa kembali melatih tim nasional Korea Selatan. "Yang terbaik adalah mendatangkan manajer asing. Jika tidak, kandidat satu-satunya adalah Hong Myung-bo dan Shin Tae-yong," tegas Lee Chun-soo. "Jika dua orang itu, saya akan menelepon. Saya mendukung mereka," tambahnya.

MARSELINO FERDINAN: Gabung Klub Divisi Utama Inggris, Usai Hanya Bermain 3 Kali di KMSK Deinze

Respons PSSI dan Erick Thohir

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turut memberikan tanggapannya mengenai isu ini. Menurutnya, PSSI akan menghormati keinginan Shin Tae-yong jika memang ia ingin kembali ke Korea Selatan. “Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” ujar Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
img_title