9 Quote Terbaik dari Xenophon: Penulis, Prajurit, dan Filsuf Yunani Kuno Murid Socrates

Xenophon Murid Socrates
Sumber :
  • Image Creator/Handoko

Malang, WISATA - Xenophon, seorang penulis, prajurit, dan filsuf Yunani kuno, dikenal sebagai murid setia Socrates. Karyanya yang paling terkenal, Memorabilia, merupakan kumpulan percakapan dan ajaran Socrates. Xenophon juga menulis banyak karya lain tentang sejarah, politik, dan ekonomi.

Inilah Maksud Berlatihlah Kebajikan Setiap Hari: Ajaran Stoicisme

Meskipun Socrates tidak pernah menuliskan pemikirannya sendiri, Xenophon memberikan gambaran yang jelas tentang gurunya melalui karyanya. Berikut adalah 9 quote terbaik dari Xenophon yang mencerminkan kebijaksanaan dan ajaran Socrates:

1. "Manusia yang paling bahagia adalah dia yang memiliki pikiran yang paling tenang."

Berikut Makna Jangan Terlalu Terikat pada Hasil dalam Ajaran Stoicisme

Quote ini menekankan pentingnya ketenangan pikiran dan kedamaian batin. Socrates percaya bahwa kebahagiaan sejati tidak datang dari hal-hal eksternal, seperti kekayaan atau ketenaran, tetapi dari keadaan pikiran yang damai dan tentram.

2. "Ujian karakter manusia adalah apa yang dilakukannya ketika tidak ada yang melihatnya."

Makna Fokus pada Hal yang Dapat Dikendalikan dalam Ajaran Stoicisme

Quote ini mengingatkan kita tentang pentingnya integritas dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai kita, bahkan ketika tidak ada orang lain yang melihat. Socrates percaya bahwa karakter seseorang dibentuk oleh tindakannya, bukan oleh kata-katanya.

3. "Pertanyaan yang tepat adalah setengah dari jawaban."

Halaman Selanjutnya
img_title