5 Cara Efektif Cegah Mabuk Perjalanan

Mabuk Perjalanan
Sumber :
  • tvonews.com

Malang, WISATA - Mabuk perjalanan atau motion sickness adalah kondisi yang umum terjadi saat seseorang melakukan perjalanan dengan transportasi seperti mobil, pesawat, kapal, atau kereta api. Gejala mabuk perjalanan dapat berupa mual, pusing, muntah, atau rasa tidak nyaman di perut. Untuk mencegah mabuk perjalanan dan menjaga kenyamanan selama perjalanan, berikut adalah 5 cara efektif yang dapat Anda coba:

Megawati Hangestri Resmi Bergabung dengan Jakarta BIN: Berapa Gajinya?

1. Duduk di Tempat yang Stabil

Pilihlah tempat duduk yang paling stabil selama perjalanan. Misalnya, di dalam mobil, duduklah di kursi depan di samping sopir atau di kursi tengah yang stabil. Di dalam pesawat, pilihlah tempat di tengah-tengah pesawat di dekat sayap, karena bagian ini cenderung lebih stabil daripada bagian lainnya. Di kapal, pilihlah kabin di bagian tengah kapal yang mengalami getaran dan gerakan lebih sedikit.

Pyo Seung-ju Bergabung dengan Red Sparks, Fans IBK Altos Bereaksi

2. Fokus pada Pemandangan yang Tetap

Saat merasa mual atau pusing, cobalah untuk fokus pada pemandangan yang tetap, seperti horison atau langit yang biru. Hindari melihat ke bawah atau membaca buku karena gerakan mata yang cepat dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Mengalihkan perhatian pada pemandangan yang stabil dapat membantu mengurangi sensasi mual dan pusing.

Momen Kebersamaan Megawati Hangestri dan Giovanna Milana Curi Perhatian Netizen

3. Hindari Makanan dan Minuman Berat

Sebelum melakukan perjalanan, hindari makan makanan yang berat dan minuman yang beralkohol atau berkafein. Makanan yang berat dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan meningkatkan risiko mual, sedangkan minuman beralkohol atau berkafein dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Sebaiknya pilih makanan ringan dan minuman yang tidak mengandung kafein untuk menjaga kenyamanan perut selama perjalanan.

Halaman Selanjutnya
img_title