Arkeolog Temukan 20 Peti Mati Mesir Kuno yang Tersegel di Mesir

Peti Mati yang Ditemukan
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide

Malang, WISATA – Para arkeolog telah menemukan 20 peti mati kuno utuh di dekat kota Luxor, Mesir, Kementerian Purbakala negara itu mengumumkan dalam pernyataannya dan memuji temuan tersebut sebagai 'salah satu yang terbesar dan terpenting' dalam beberapa tahun terakhir. 

Dua Sphinx yang Menggambarkan Kakek Raja Tut Ditemukan di Mesir

Menurut peneliti, Oscar Holland dan Taylor Barnes menemukan peti mati tersebut di Al-Assasif, sebuah pekuburan di Tepi Barat Sungai Nil. Dulunya merupakan bagian dari ibu kota Mesir kuno Thebes, situs ini berdiri di tempat yang sekarang disebut Luxor.

Seperti yang dilaporkan Lateshia Beachum untuk Washington Post, peti mati tersebut – yang didekorasi dengan warna merah, hijau, putih dan hitam – ditemukan bertumpuk dalam dua lapisan di sebuah makam raksasa. Sarkofagus kayu ini sangat mengesankan karena lukisan dan prasastinya yang berwarna-warni dan terpelihara dengan baik, serta fakta bahwa sarkofagus tersebut masih tersegel - suatu hal yang langka dalam arkeologi Mesir.

Para Arkeolog Menemukan Sphinx Terkubur Lainnya di Mesir

Meskipun Kementerian Purbakala tidak merinci periode waktu kapan sarkofagus itu dibuat, BBC News mencatat bahwa sebagian besar makam di pekuburan tersebut menyimpan sisa-sisa bangsawan dan pejabat pemerintah yang dikuburkan pada Periode Akhir Mesir, yang berlangsung dari tahun 664 hingga 332 SM.

Namun demikian, ada beberapa ekspektasi terhadap tren ini: misalnya, makam-makam yang berasal dari dinasti ke-18 sebelumnya. Mencakup periode 1543 hingga 1292 SM, garis keturunan kerajaan ini mencakup firaun seperti Ahmenhotep I, Tutankhamun dan Hatshepsut, yang disebut 'ratu yang akan menjadi raja'. 

Inilah Sisi Lain Kehidupan Plato yang Belum Banyak Diketahui

Untuk saat ini, informasi mengenai temuan tersebut masih langka, namun seperti yang dicatat dalam pernyataan kementerian, rincian lebih lanjut akan dibagikan pada konferensi pers.

Peti mati yang disimpan bukan satu-satunya temuan terbaru yang ditemukan di Luxor. Pekan lalu, para arkeolog mengumumkan penemuan zona 'industri' kuno di Lembah Monyet, sebuah situs luas yang bertetangga dengan Lembah Para Raja yang terkenal.

Halaman Selanjutnya
img_title