Tradisi Ziarah Kubur sebelum Puasa Ramadhan

Ziarah Kubur di Pemakaman Umum Tlogomas Malang
Sumber :
  • Woro Juni D.

Malang, WISATA – Tradisi keagamaan di Indonesia banyak dan beragam, baik yang dijelaskan dalam dalil Al-Qur'an dan Hadis, maupun tidak namun tradisi tersebut sangat baik untuk di budayakan.

Mengenal Sekilas Tokoh-Tokoh Filsafat Jawa: Pencetus, Pewaris, dan Pemelihara Gagasan Jawa

Di antara tradisi menjelang bulan Ramadhan (akhir Sya’ban) adalah ziarah kubur. Sebagian mengistilahkan tradisi ini sebagai arwahan, nyekar (sekitar Jawa Tengah), kosar (sekitar JawaTimur), munggahan (sekitar tatar Sunda) dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi semacam kebiasaan yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang menjelang ibadah puasa Ramadhan.

Dalam keterangan Rasulullah SAW dapat kita temukan dalam Sunan Turmudzi no 973

Menelusuri Jejak Kearifan Lokal: Memahami Filsafat Jawa, Sejarah, dan Pengaruhnya

  حديث بريدة قال : قال رسول الله صلى الله علية وسلم :"قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد أذن لمحمد في زيارة قبر أمه فزورها فإنها تذكر الآخرة"رواة الترمذي(3/370)

 Hadits dari Buraidah ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda “Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah..! karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat." 

Negara dengan Jumlah Desa, Populasi Penduduk Desa Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Demikianlah sebenarnya hukum dasar dibolehkannya ziarah kubur dengan illat (alasan) ‘tazdkiratul akhirah’ yaitu mengingatkan kita kepada akhirat. Oleh karena itu dibenarkan berziarah ke makam orang tua dan juga ke makam orang shalih dan para wali. Selama ziarah itu dapat mengingatkan kita kepada akhirat. 

Adapun mengenai hikmah ziarah kubur Syaikh Nawawi al-Bantani telah menuliskannya dalam Nihayatuz Zain demikian keterangannya “Disunnahkan untuk berziarah kubur, barang siapa yang menziarahi makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap hari Jum’at, maka Allah mengampuni dosa-dosanya dan dia dicatat sebagai anak yang taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya”… 

Halaman Selanjutnya
img_title