Mengenal Blue Ocean Strategy yang Mulai Diterapkan di Berbagai Sektor

Red Ocean vs Blue Ocean Strategy
Sumber :
  • IG/blueoceanstrtgy

WISATA – Strategi Samudra Biru atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai blue ocean strategy adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari persaingan berdarah (red ocean) dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan.

Review Buku Blue Ocean Strategy Karya W. Chan Kim dan Renée Mauborgne

Strategi ini adalah upaya simultan untuk menciptakan diferensiasi dan biaya rendah untuk membuka ruang pasar baru dan menciptakan permintaan baru. Ini didasarkan pada pandangan bahwa batas pasar dan struktur industri bukanlah hal yang tetap dan dapat direkonstruksi oleh tindakan dan keyakinan pemain industri.

Perbedaan antara red ocean strategy dan blue ocean strategy, bisa digambarkan sebagai berikut:

Ilmuwan Yale Memprogram Ulang Kode Genetik Untuk Menciptakan Organisme Sintetis yang Bermanfaat bagi Kesehatan Manusia

Fokus dalam red ocean strategy adalah bersaing di ruang pasar yang ada, mengalahkan kompetisi, mengeksploitasi permintaan yang ada, membuat trade-off antara nilai dan biaya, dan menyelaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dengan pilihan strategis diferensiasi atau biaya rendah.

Sedangkan dalam blue ocean strategy adalah menciptakan ruang pasar yang tidak diperebutkan, membuat kompetisi tidak relevan, menciptakan dan menangkap permintaan baru, memecahkan trade-off antara nilai dan biaya, menyelaraskan seluruh sistem aktivitas perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah.

Plato: Sistem Hukum yang Adil, Pilar Utama Negara yang Berdaulat

Contoh penerapan blue ocean strategy adalah fenomena Go-Jek pada tahun 2010, yang menciptakan aturan pasar sendiri serta membuat kompetisi sendiri dan membuat blue ocean menjadi strategi bisnis paling ampuh diterapkan saat itu.

Namun meskipun Bbue ocean strategy memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan, seperti sangat sulit untuk menemukan ide-ide futuristik dan mengidentifikasi pasar yang belum tersentuh, dibutuhkan kreativitas dan kecerdasan yang tinggi dalam melihat pasar. Selain itu, biaya yang harus diperhitungkan juga tidak kecil, ketika menciptakan pasar baru perusahaan mungkin akan menghadapi tantangan dalam membangun basis pelanggan.

Halaman Selanjutnya
img_title