Google Doodle Hari ini: Menghormati Aminah Cendrakasih, Legendaris Sinema Indonesia

Google Doodle
Sumber :
  • Google Doodle

WISATA – Hari ini jika Anda membuka Google, terlihat potret seorang wanita berkerudung di sana. Anda mungkin bertanya-tanya, siapa dia? Dia adalah Aminah Cendrakasih, artis legenda Indonesia.  Hari ini, 29 Januari 2024, Google Doodle menghormati Aminah Cendrakasih, dengan memasang gambarnya, di hari ulang tahunnya.

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Aminah Cendrakasih terlahir dengan nama Siti Aminah Tjendrakasih pada 29 Januari 1938 di Magelang. Aminah adalah seorang pemeran dan model Indonesia yang sangat berpengaruh. Dia dikenal karena perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan.

Aminah Cendrakasih memulai kariernya di dunia akting sejak masih berusia belasan tahun. Dia mengawali kariernya di panggung sandiwara pada tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi. Pada tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil dalam film "Oh, Ibuku" (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo. Bersama ibunya, Wolly Sutinah, pada tahun yang sama ia ikut bermain dalam film "Gambang Semarang". Di filmnya yang ketiga, "Ibu dan Putri" (1955) yang disutradari Ha van Wu, Aminah Cendrakasih diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Sejak 1955 sampai 1989 saja ia sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022 yang lalu. Penyebab kematiannya diduga karena penyakit glukoma yang sudah beberapa tahun ia derita.

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Berikut ini adalah beberapa film terkenal lainnya yang dibintangi oleh Aminah Cendrakasih

  • Rumah Masa Depan: Ini adalah salah satu sinetron legendaris era 1980-an yang dibintangi oleh Aminah Cendrakasih dan ibunya, Wolly Sutinah.
  • Oma Irama Penasaran: Film Indonesia tahun 1976 yang menceritakan penyanyi dangdut, Oma, yang jatuh cinta dengan anak bos perkebunan, Ani.
  • Asrama Dara (1958): Film ini adalah penampilan perdana Aminah Cendrakasih dalam film, di mana ia beradu akting dengan Suzanna yang baru berumur 16 tahun.
  • Tjambuk Api (1958): Dalam film ini, Aminah Cendrakasih memerankan Marni, anak Suro (Rendra Karno) yang jatuh cinta pada Kasan (WD Mochtar).
  • Intan Berduri (1972): Salah satu film Indonesia terbaik di era Generasi Bunga ini menempatkan Aminah Cendrakasih sebagai tokoh antagonis bernama Munah.
  • Serampang 12: Film ini sukses membawa namanya mulai dilirik sutradara dan produser ternama.
  • Kemudian ada juga Senyum dan Tangis, Sinyo Adi, Ken Arok Ken Dedes, Gitar Tua Oma Irama, dan masih banyak lagi.
Halaman Selanjutnya
img_title