Ratusan Ribu Tulang Hewan dan Manusia Ditemukan di Gua Arab Saudi, karena Dimakan Hyena?

Timbunan Tulang yang Ditemukan di Sarang Hyena
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Meskipun hyena terlihat dan berburu seperti keluarga anjing, mereka adalah anggota keluarga luwak dan karena itu lebih dekat hubungannya dengan kucing. Namun, sama seperti anjing, hyena memiliki ketertarikan untuk menyembunyikan tulang, hanya saja mereka cenderung sedikit berlebihan. 

Upaya Temukan Penerbang Pesawat Pengebom B-17 yang Hilang pada PD II di Inggris Libatkan Arkeolog

Karena hyena punya kecenderungan mengangkut tulang untuk dimakan, kemungkinan mereka memakan tulang-tulang yang ditemukan, termasuk juga tulang manusia.

Dilansir dari archaeologynewsnetwork.com, ternyata para arkeolog tidak bisa berkata-kata setelah mereka menemukan sebuah gua berbentuk tabung lava di barat laut Arab Saudi yang penuh dengan ratusan ribu tulang yang dikumpulkan oleh hyena bergaris selama 7.000 tahun.

INFO HAJI: Kemenag Bilang, Jemaah Umrah Harus Tinggalkan Saudi Sebelum 29 Zulkaidah atau 6 Juni

Lantai gua sangat mengerikan karena dipenuhi tulang binatang purba ditemukan jauh di dalam lava sistem tabung, jaringan gua yang diukir oleh aliran lava. Situs, yang dikenal sebagai Umm Jirsan, ditemukan pada tahun 2007, tetapi baru-baru ini para peneliti menelusuri jauh ke dalam gua yang gelap. 

Mathew Steward, seorang zooarkeolog di Institut Max Planck untuk Ilmu Sejarah Manusia di Jerman, memimpin tim peneliti yang membuat katalog hampir 2.000 tulang dan gigi setidaknya milik 14 spesies berbeda, termasuk sapi, kuda, unta, tikus dan bahkan manusia. 

Indonesia dan Arab Saudi Bahas Peningkatan Peran Bank Pembangunan Islam

Ratusan ribu tulang lain yang belum dianalisis masih tergeletak di lantai gua. 

Penanggalan radiokarbon dari sampel menunjukkan sisa-sisa hewan berkisar antara 439 hingga 6,839 tahun yang lalu, yang hanya dapat berarti tabung lava ini telah digunakan sebagai sarang setidaknya selama 6.000 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title