Pendidikan Agama Islam: Yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Salat sunnah fajar
Sumber :
  • pexels/Ahmed Aqtai

Makassar, WISATA – Sobat wisata.viva khususnya kaum muslim, sudah sepatutnya dalam mensyukuri kehidupan, kita selalu beribadah dengan baik. Ibadah pun sebenarnya bukan semata untuk Allah, namun berbalik untuk kebaikan diri kita sendiri, karena setiap ibadah diganjar pahala. Sebagai contoh ada ibadah di awal hari yang pahalanya lebih besar daripada dunia dan seisinya, apakah itu?

YOGYAKARTA: Saat Liburan Sekolah, Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Orang Setiap Hari

Itu adalah salat sunnah qobliyah subuh atau salat sunnah fajar yang merupakan salah satu salat rawatib yaitu salat sunnah yang dikerjakan sebelum atau sesudah salat wajib.

Rasulullah pernah bersabda, "Dua rakaat salat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya" (HR. Muslim 725).

INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 2)

Hadis lain menyebutkan, "Aisyah  Rhadiyallahu'anha berkata, aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam mengerjakan salah sunnah yang lebih semangat dibanding dengan salat sunnah dua rakaat sebelum fajar" (HR. Muslim).

Setelah memahami keutamaan dari salat sunnah fajar, sudah selayaknya kaum muslim tidak menyia-nyiakan dalam melaksanakannya. 

INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 1)

Ibadah yang pertama kali dihisab kelak adalah salat. Hal ini sudah menjadi keimanan bagi umat Islam. Salat yang wajib adalah lima waktu. Jika salat wajib tidak dapat membantu kita di akhirat nanti, maka salat sunnah kitalah yang akan menambah pahala salat wajib kita.

Kita tidak akan pernah yakin apakah salat yang kita laksanakan selama ini diterima oleh Allah SWT. Mungkin dalam mengerjakannya ada kekurangan-kekurangan yang tidak kita sadari.

Halaman Selanjutnya
img_title