INFO LOKER: KPU Surabaya Buka Pendaftaran 57.169 Petugas KPPS, Honor Rp1,2 Juta

Pemilu 2024, KPU Surabaya Butuh 57.169 Petugas KPPS
Sumber :
  • infopublik.id

Surabaya, WISATA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Jawa Timur mulai membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi, untuk pemilu 2024, dibutuhkan 57.169 personel KPPS untuk seluruh wilayah Kota Pahlawan.  

"Dimana nantinya akan ada tujuh orang KPPS yang mengisi per TPS. Dan jumlah Tempat Pemungutan Suara atau TPS yaitu 8.167 TPS se Surabaya. Berarti membutuhka 57.169 KPPS," katanya pada hari Rabu (13/12/2023).

Subairi menjelaskan bahwa peserta calon KPPS bisa mendaftar langsung ke kelurahan atau sekretariat PPS secara manual.

"SDM itu tentunya sangat banyak, sehingga kami butuh masyarakat yang memenuhi syarat. Silakan mendaftarkan diri di PPS atau di sekretariat PPS atau di kelurahan untuk bersama-sama kita mengusung pemilu," imbuhnya.

Subairi menyadari untuk mendapatkan 57.169 orang KPPS tidaklah mudah, namun pihaknya optimistis karena turut dibantu Bawaslu dalam melakukan perekrutan pengawas TPS.

Selain KPPS dan pengawas dari Bawaslu, juga ada 2 orang dari Linmas Pemkot Surabaya yang akan menjaga TPS.

Linmas yang dilibatkan berjumlah lebih dari 16 ribu.

Honor yang akan diterima berbeda-beda. Ketua KPPS akan mendapat honor Rp1,2 juta dan anggota Rp1,1 juta untuk masa kerja 1 bulan.

Pendaftarannya cukup mudah karena kebutuhannya mencapai 57 ribu lebih, dibuka mulai 11-20 Desember 2023, dengan syarat-syarat membawa dokumen pribadi ke kantor kelurahan setempat.

KPU Surabaya juga mengantisipasi hal-hal krusial lain.

Berkaca dari pesta pemilu tahun 2019 yang cukup banyak menelan korban jiwa karena KPPS kelelahan, untuk itu, pihaknya meminta surat keterangan sehat.

Usia KPPS juga dibatasi maksimal 55 tahun, karena anggota KPPS yang meninggal pada pemilu tahun 2019 rata-rata berusia di atas 51 tahun.

(Sumber: infopublik.id)

Titik Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Begini Kondisinya