CERITA KOPI: Mengenal Kopi Poro yang Dinikmati Ndoro Tempo Dulu di Demak

Kopi Poro, Kopi yang Dinikmati Ndoro Tempo Dulu di Demak
Sumber :
  • infopublik.id

Demak, WISATA – Selain terkenal dengan minuman tradisional Jamu Coro khas Demak, Jawa Tengah, ternyata di tlatah Kadilangu masih ada racikan kopi istimewa turun-menurun dengan sebutan Kopi Poro.

Kopi Poro merupakan minuman kopi leluhur ndalem Kadilangu.

Selain dinikmati keluarga ndalem Kadilangu, kopi ini juga disajikan kepada tamu yang datang seperti dari kraton Solo maupun kraton Yogya, ataupun tamu agung lainnya di masa kerajaan.

Dinamakan Kopi Poro, menurut Rikhwan salah satu abdi peracik Kopi Poro, karena kopi ini diracik atau dibuat oleh para (poro  - red.) abdi dalem Kadilangu, untuk dinikmati para keluarga Kadilangu dan para tamu agung di kala itu.

"Kopi Poro bahannya seperti kopi pada umumnya, biji kopi jenis robusta di dapat dari daerah Temanggung. Kemudian, ditambahkan kelapa dan beras, dan disangrai beberapa jam. Dan ini sudah racikan tradisi turun-temurun dari tahun 1885 hingga sekarang," jelas Rikhwan.

"Setelah disangrai hingga maksimal kemudian ditumbuk hingga halus dan disaring. Penyaringan kopi pun dilakukan hingga tiga kali, sehingga bubuk kopi yang dihasilkan sangat halus," tambah Rikhwan.

Nurul. seorang warga Demak penggemar berat minum kopi, saat menikmati kopi Poro mengatakan, aroma dan rasa kopinya khas seperti kopi jaman dulu yang bukan produksi pabrikan.

"Rasanya mantap, pahit kecut dan aroma rasa khas kopi jaman dulu, saat saya masih kecil. Ini sudah dua kali digelar event pasar Ndoro Bei, saya sempatkan mampir nguyup kopi Poro. Kopi yang di bikin Poro abdi dalem dan dinikmati Poro ndoro," jelas Nurul.

Kopi Poro yang legendaris, saat ini dapat dinikmati oleh masyarakat umum, khususnya bagi pengunjung wisata tempo dulu pasar Ndoro Bei yang telah dua kali digelar di halaman pendopo Notobratan Kadilangu. Rencananya, kegiatan pasar Ndoro Bei akan digelar setiap selapanan (35 hari - red.) sekali di tempat yang sama.

(Sumber: infopublik.id)

CERITA KOPI: Kopi Liar dan Merah, Komoditas Premium Terbaru Desa Ngargoretno, Salaman, Kab. Magelang