Tips Menanam dan Merawat Anggur Hitam yang Bermanfaat untuk Berbagai Keperluan

Anggur hitam
Sumber :
  • pixabay

WISATA –  Anggur hitam adalah salah satu jenis buah anggur yang memiliki warna kulit gelap dan kaya akan antioksidan. Mempunyai nama latin Ribes Nigrum,  buah ini berasal dari bagian beriklim Eropa tengah dan utara serta Asia utara, dimana ia lebih menyukai tanah subur yang lembab. Ini banyak dibudidayakan baik secara komersial maupun domestik.

Prakiraan Cuaca Kota Makassar Sulawesi Selatan, Tanggal 3 Juli 2024

Anggur hitam sangat kaya akan vitamin C dan polifenol. Bisa dimakan langsung, namun biasanya dimasak untuk berbagai keperluan, seperti dibuat jus, selai, anggur. Selain itu, anggur hitam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi, dan meningkatkan daya ingat.

Anggur hitam

Photo :
  • pixabay
Prakiraan Cuaca Kota Malang Jawa Timur, Tanggal 3 Juli 2024

Untuk menanam anggur hitam, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Siapkan media tanam yang subur dan gembur. Campurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1 atau 1:1:1. Media tanam harus didiamkan sekitar satu hingga dua minggu sebelum ditanam anggur hitam.

Beasiswa Unggulan 2024 Dibuka bagi Masyarakat Berprestasi dan Disabilitas, Ini Syaratnya!

2. Siapkan bibit anggur hitam yang sehat dan kuat. Anda bisa membeli bibit dari toko tanaman atau membuatnya sendiri dari biji atau stek. Jika menggunakan biji, rendam biji anggur hitam dalam air selama 24 jam, lalu semai dalam pot kecil yang berisi media tanam basah. Tutup pot dengan plastik bening dan letakkan di tempat yang hangat dan terang. Setelah biji berkecambah, pindahkan bibit ke pot yang lebih besar. Jika menggunakan stek, potong bagian-bagian secara langsung dari pohon anggur atau yang baru dipangkas. Pastikan panjang potongan mencakup 3 tangkai (tangkai-tangkai itu akan terlihat seperti benjolan). Pada bagian bawah potongan, buat sudut pada potongan. Potongan tersebut harus bersudut 45 derajat dan berada 1/4 sampai 1 inci di atas tangkai.

Halaman Selanjutnya
img_title