INFO KASET: Nirvana, Heavy 30th Anniversary Nirvana’s “Heart-Shaped Box”

NIRVANA: Heavy 30th Anniversary Nirvana’s “Heart-Shaped Box”
Sumber :
  • Akun FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA Nirvana merilis single mereka "Heart-Shaped Box" pada 30 Agustus 1993. Lagu ini ditulis oleh Kurt Cobain dan dirilis sebagai single pertama dari album studio ketiga dan terakhir grup, In Utero, pada tahun 1993.

Ini adalah salah satu dari dua lagu dari album yang dicampur oleh Scott Litt untuk menambah produksi asli oleh produser Steve Albini. Sementara label Nirvana, DGC Records tidak merilis single fisik untuk dijual di Amerika Serikat karena khawatir hal itu dapat mempengaruhi penjualan album, "Heart-Shaped Box" menerima banyak pemutaran di radio Amerika, yang mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard Modern Rock Tracks. Rilisan internasional dari single ini menjadi Top 10 di beberapa negara, termasuk nomor empat di Portugal, nomor lima di Britania Raya, nomor enam di Irlandia, nomor sembilan di Finlandia dan nomor sembilan di Selandia Baru. Lagu ini juga masuk Top 40 di banyak negara lain.

Video musik lagu tersebut disutradarai oleh Anton Corbijn, mendapatkan pujian kritis, dan memenangkan dua penghargaan, termasuk Best Alternative Video di MTV Video Music Awards pada tahun 1994.

"Heart-Shaped Box" adalah lagu terakhir yang dimainkan Kurt Cobain secara langsung di depan umum dengan Nirvana, pada 1 Maret 1994 di Munich, Jerman.

Kurt Cobain menulis "Heart-Shaped Box" pada awal 1992. Cobain lupa tentang lagu itu untuk sementara waktu, tetapi mulai mengerjakannya lagi ketika ia dan istrinya, Courtney Love, pindah ke sebuah rumah di Hollywood Hills.

Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone tahun 1994, Love mengatakan bahwa dia mendengar Cobain mengerjakan riff lagu di sebuah lemari. Dia bilang dia bertanya pada Cobain apakah Love bisa menggunakan riff untuk salah satu lagunya, yang Cobain jawab, "Persetan!" dan menutup pintu lemari.

"Dia berusaha menjadi sangat licik," kata Love. "Aku bisa mendengarnya dari lantai bawah."

Pasangan itu berbagi jurnal di mana mereka akan menulis lirik.

Penulis biografi Cobain Charles R. Cross mencatat bahwa kepekaan penulisan lagu Love memberi tahu Cobain tentang lagu tersebut. Judul lagu itu berasal dari kotak berbentuk hati yang telah diberikan Love kepada Cobain. Namun, Cobain awalnya memberi judul lagu ini "Heart-Shaped Coffin".

Nirvana mengalami kesulitan menyelesaikan lagu. Cobain berusaha membuat anggota lain band menyelesaikan lagu selama sesi latihan. Dia berkata, "Selama latihan itu, saya mencoba untuk menunggu Krist dan Dave datang dengan sesuatu, tetapi itu hanya berubah menjadi kebisingan sepanjang waktu."

Suatu hari Cobain melakukan upaya terakhir untuk menyelesaikan lagu. Cobain mampu membuat melodi vokal dan band, akhirnya selesai menulis lagu. Cobain mengatakan bahwa ketika mereka menyelesaikan "Heart-Shaped Box", "Kami akhirnya menyadari bahwa itu adalah sebuah lagu yang bagus."

Pada Januari 1993, band ini merekam sebuah demo dari "Heart-Shaped Box" selama sesi dengan Craig Montgomery di studio BMG Ariola di Rio de Janeiro, Brasil, itu adalah lagu pertama yang direkam.

Versi In Utero direkam pada Februari 1993 oleh Steve Albini di Cannon Falls, Minnesota.

Sebelum merilis album, lagu itu dibuat ulang oleh Scott Litt. Cobain tidak menyesal tentang keputusan band untuk remix itu, dan menyatakan bahwa vokal dan bass tidak cukup menonjol dalam campuran asli. Bassis Nirvana, Krist Novoselic juga tidak senang dengan campuran asli dari "Heart-Shaped Box".

Dalam sebuah wawancara Chicago Sun-Times 1993, ia mengatakan efek asli yang digunakan pada solo gitar lagu itu terdengar "seperti aborsi yang menghantam lantai." Ketika lagu itu di remix oleh Litt, Cobain mengambil kesempatan untuk menambahkan gitar akustik dan harmoni vokal.

"Heart-Shaped Box" adalah lagu rock alternatif yang berdurasi 4 menit 59 detik.

Menurut lembaran musik yang diterbitkan di Musicnotes.com oleh BMG Rights Management, ditulis dalam time signature 4/4, dengan tempo moderat 100 ketukan per menit.

“Heart-Shaped Box" disusun dalam kunci G #minor, sementara rentang vokal Kurt Cobain membentang satu oktaf, dari nada rendah G#4 hingga nada tinggi G#5.

Lagu ini memiliki urutan dasar dari G#5–E 5–C#5–G#–E5–C#7 dalam bait dan G#5–E 5–C#7 selama chorus sebagai kord akordnya.

Jurnalis Gillian Gaar menggambarkan "Heart-Shaped Box" sebagai "formula Nirvana yang dipersonifikasikan, dengan riff yang tertahan dan menurun yang diputar melalui bait tersebut, membangun intensitas pada gairah yang mengalir dari paduan suara".

Cobain mengatakan lagu itu terinspirasi oleh film dokumenter tentang anak-anak dengan kanker. Dia mengatakan kepada penulis biografi Michael Azerrad, "Kapan pun saya memikirkannya, itu membuat saya lebih sedih daripada apa pun yang dapat saya pikirkan."

Azerrad menegaskan dalam biografinya Come as You Are: The Story of Nirvana, bahwa meskipun penjelasan Cobain, lagu itu sebenarnya muncul tentang Courtney Love. Charles Cross menulis dalam biografi Kurt Cobain Heavier Than Heaven bahwa dengan lirik "I wish I could eat your cancer when you turn black", Cobain "bernyanyi dalam apa yang harus menjadi rute paling berbelit-belit yang dilakukan oleh penulis lagu di sejarah pop untuk mengatakan 'Aku mencintaimu'".

Cobain mengatakan bahwa chorus dari lagu "Hey/Wait/I’ve got a new complaint" adalah memberikan contoh bagaimana dia dirasakan oleh media.

Di Amerika Serikat, DGC mengeluarkan "Heart-Shaped Box" ke stasiun radio perguruan tinggi, rock modern, dan rock berorientasi album pada awal September 1993. Tidak ada rencana untuk merilis single untuk lagu tersebut di dalam negeri. Pada saat itu, kepala pemasaran Geffen Records mengatakan kepada Billboard, bahwa label itu tidak aktif mencari radio Top 40, menjelaskan "Nirvana tidak menjual hampir 5 juta [rekaman] karena hit single. Mereka menjual banyak album karena siapa mereka." Lagu ini memasuki tangga lagu Billboard Modern Rock Tracks di nomor tujuh, dan akhirnya mencapai puncaknya di nomor satu di tangga lagu. Lagu ini juga mencapai nomor empat di chart Mainstream Rock Tracks. Sebuah single dari lagu dirilis di Britania Raya, di mana ia meencapai puncaknya di nomor lima di UK Singles Chart. Dikeluarkan pada bulan Agustus 1993, format vinil dan kaset 7-inci menampilkan "Marigold" sebagai sisi-B, sedangkan edisi vinil 12-inci dan CD menambahkan trek In Utero "Milk It".

Pada tahun 1999, lagu ini terpilih di nomor 10 di "100 Greatest Rock Tracks Ever!" dari majalah Kerrang!.

Nirvana awalnya menginginkan Kevin Kerslake, yang telah mengarahkan video untuk single band "Come as You Are", "Lithium", "In Bloom", dan "Sliver", untuk mengarahkan video musik "Heart-Shaped Box". Kerslake menyiapkan lima persiapan selama Juli dan Agustus 1993, tetapi tidak ada pengaturan pemotretan yang dibuat dan pada akhir bulan, kelompok ini memutuskan untuk bekerja dengan fotografer Belanda dan sutradara video Anton Corbijn. Corbijn, yang biasanya menciptakan ide-idenya sendiri untuk video, awalnya tidak yakin mengarahkan video karena persiapan Cobain sangat detail. Corbijn berkata, "Tapi kemudian saya melihatnya dan saya pikir sebenarnya itu cukup bagus. Saya sangat kagum dengan seseorang yang menulis lagu dan memiliki ide-ide setepat yang dia kerjakan."

Video dimulai dan diakhiri dengan band di rumah sakit, menyaksikan seorang pria tua diberikan obat melalui infus. Sebagian besar video berlangsung dalam pengaturan luar ruang surealis yang menggabungkan citra dari film The Wizard of Oz. Selama bait pertama lagu itu, lelaki tua dari rumah sakit, yang sekarang mengenakan topi Santa dan kemudian seorang mitra, naik ke salib Kristen yang ditunggangi gagak.

Bait kedua memperkenalkan seorang gadis muda dengan jubah putih dan topi meraih untuk janin manusia di pohon, dan seorang wanita yang kelebihan berat badan dengan jas dengan organ manusia dilukis di atasnya dan dengan sayap malaikat ditempelkan di punggungnya.

Dalam potongan terakhir video, band ini hanya ditampilkan di pengaturan luar ruangan selama chorus, di mana wajah Cobain bergerak masuk dan keluar dari fokus di kamera. Sementara sebagian besar video dibuat oleh Cobain, Corbijn menambahkan unsur-unsur seperti gagak buatan yang sengaja dibuat, sebuah tangga untuk didaki oleh lelaki tua itu, dan sebuah kotak dengan hati di bagian atas yang dimainkan band di dalamnya dari selama chorus terakhir lagu.

Corbijn membuat potongan video lain yang menampilkan cuplikan alternatif selama bait terakhir, termasuk lebih banyak foto gadis muda dan wanita itu, dan adegan Cobain berbaring telentang di ladang poppy, dengan kabut di sekelilingnya.

Versi video ini ditampilkan dalam DVD The Work of Director Anton Corbijn.

Setelah perilisan video, Kevin Kerslake menggugat Nirvana, menuduh pelanggaran hak cipta. Kasus ini diselesaikan di luar pengadilan. Video musik "Heart-Shaped Box" adalah video musik nomor satu yang paling banyak diputar di MTV di AS sebagaimana direkam oleh majalah Billboard pada 20 November 1993. Video ini juga nomor satu di Countdown MuchMusic Kanada untuk dua minggu di bulan November 1993. Video ini memenangkan dua MTV Video Music Awards pada tahun 1994, untuk Best Alternative Video dan untuk Best Art Direction. Saat upacara diadakan setelah kematian Kurt Cobain pada April 1994, penghargaan tersebut diterima oleh mantan rekan band Cobain, Novoselic, Grohl dan gitaris tur, Pat Smear.

"Heart-Shaped Box" juga menduduki puncak kategori video musik dalam polling 1993 Village Voice Pazz & Jop.

Pada tahun 2011, NME memberi peringkat video musik lagu ini di nomor 22 di "100 Greatest Music Videos" miliknya.

Dan pada tahun yang sama, majalah Time memberi peringkat "Heart-Shaped Box" di nomor 10 pada daftarnya "The 30 All-TIME Best Music Videos", di mana ia digambarkan sebagai "indah dan mengerikan".

Pada bulan Februari 2016, drummer Nirvana Dave Grohl bertemu kembali dengan aktris, Kelsey Rohr, yang memainkan gadis dalam video musik "Heart-Shaped Box" dua puluh tiga tahun sebelumnya dan yang saat itu baru berusia enam tahun.

Rohr menyatakan bahwa "Hari ini mengingatkan saya bahwa saya mencapai puncak pada usia 6 tahun, tetapi saya adalah anak paling nakal di taman bermain. Hari ini adalah yang paling keren. Atau dalam kata-kata Dave berjumpa satu sama lain hari ini adalah sebuah 'momen bersejarah'! Benar-benar sebuah legenda!".

Personil
• Kurt Cobain: vocals, guitar
• Krist Novoselic: bass
• Dave Grohl: drums

(Sumber: Akun FB: All Access Global ROCK Stream)

INFO KASET: Nirvana “About a Girl” Tentang Hubungan yang Rumit