INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Smart Card Jemaah Haji Jangan Sampai Hilang Ya..

Jemaah Haji Indonesia di Makkah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Jakarta, WISATA – Kementerian Agama RI telah merilis aplikasi Kawal Haji sebagai aplikasi yang menjadi kanal penghubung antarjemaah haji, petugas, keluarga, dan publik, serta stakeholder lainnya.

Aplikasi ini hadir dengan dua fitur utama.

Pertama, pelaporan jemaah, khususnya berkenaan dengan layanan konsumsi, akomodasi, transportasi, termasuk jika ada jemaah terpisah dari rombongan, atau lupa arah pulang ke penginapan.

Kedua, deteksi lokasi dan pergerakan jemaah untuk memudahkan proses pencarian jika ada jemaah yang tersesat.

Anggota Media Center Kementerian Agama RI, Widi Dwinanda menyatakan, dari sejumlah laporan yang masuk di aplikasi tersebut, misalnya, ada jemaah yang kehilangan smart card-nya.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Tim Media Center Kementerian Agama RI, Widi Dwinanda

Photo :
  • kemenag.go.id
Jemaah agar segera melaporkan kepada ketua rombongan atau ketua kloter, nanti dilaporkan ke ketua sektor dan diteruskan ke Kantor Daerah Kerja (Kadaker) Makkah.

“Tahap berikutnya, pihak kadaker menyampaikan ke Kementerian Haji Arab Saudi untuk diajukan penggantian,” terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Kamis (30/05/2024).

Widi menjelaskan, pada musim haji 1445 H/2024 M, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kartu pintar (smart card) untuk dibagikan kepada jemaah haji, sekaligus sebagai akses mengikuti rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina ( Armuzna ).
Halaman Selanjutnya
img_title