INFO HAJI: Persiapan Layanan Jemaah Haji Indonesia di Arafah Mencapai Progres Signifikan

Persiapan tenda di Arafah
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis/10-toilet-tambahan-disiapkan-di-setiap-maktab-OdLuj

WisataArafah (Kemenag), Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid, kembali melakukan tinjauan terhadap persiapan tenda jemaah haji Indonesia di Arafah. Pemantauan rutin ini dilakukan guna memastikan kelancaran penyiapan layanan bagi para jemaah haji Indonesia.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Sejumlah layanan penting telah disiapkan untuk jemaah, termasuk tenda yang dilengkapi dengan kasur, pendingin ruangan, lampu penerangan, dapur, dan toilet. Subhan Cholid mengungkapkan kepuasannya terhadap kemajuan yang signifikan dalam proses penyiapan tersebut, jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya pada 26 Mei 2023.

"Saya baru saja melihat persiapan di Arafah. Terdapat perkembangan yang sangat baik. Penyiapan dapur sudah selesai, dan pelayanan konsumsi sedang dipercepat. Kami juga akan menambah 10 pintu kamar mandi di setiap maktab," ungkap Subhan Cholid di Arafah pada Selasa (30/5/2023).

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

Subhan Cholid juga meninjau bahan material konstruksi yang telah disiapkan, dan ia memastikan semua bahan tersebut sudah siap untuk dipasang.

Jemaah haji Indonesia terbagi dalam 70 maktab di Arafah, dengan jumlah jemaah sekitar 3.000 orang dalam setiap maktab. Sebelumnya, setiap maktab telah dilengkapi dengan 40 toilet dan sekitar 10 kran untuk berwudhu. Tahun ini, akan ditambahkan 10 toilet baru di setiap maktab.

INFO HAJI 2024: Puji Kinerja Petugas, Menag: Tetap Fokus, Urusan Politik, Saya yang Tanggung

"Gus Men sangat memperhatikan peningkatan layanan, termasuk penambahan toilet di Arafah. Tahun ini, kami akan menambahkan 10 toilet baru per maktab, dengan delapan toilet duduk dan dua toilet jongkok," jelas Subhan.

"Toilet duduk sangat penting karena diharapkan dapat memudahkan para jemaah lansia," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title