Lima Merek Ponsel 5G yang Diminati Konsumen Indonesia

Ilustrasi ponsel 5G
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, WISATA - Menurut laporan terbaru dari perusahaan riset global Counterpoint, pengiriman ponsel 5G di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan hingga 77 persen dalam kuartal I tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan ponsel 5G yang mengalami lonjakan tersebut terutama terjadi di kelas mid-range dengan rentang harga US$200-399 (sekitar Rp3,2 juta-Rp6,4 juta).

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Selain itu, secara keseluruhan industri ponsel pintar di Indonesia juga tumbuh sebesar 4 persen Year-on-Year (YoY) di kuartal awal 2024. Pertumbuhan ini didorong oleh rilisnya berbagai model ponsel baru menjelang bulan Ramadhan pada Maret 2024.

Menurut Analis Senior Counterpoint, Febriman Abdillah, konsumen Indonesia cenderung meningkatkan pengeluaran selama bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri, termasuk untuk meningkatkan kemampuan smartphone mereka. Strategi merek ponsel pintar yang merilis produk baru menjelang momen ini terbukti sangat tepat.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Dalam lima merek ponsel teratas pada kuartal I 2024, Vivo berhasil kembali menduduki posisi puncak dengan persentase penjualan sebesar 19,2 persen. Xiaomi berada di posisi kedua dengan persentase penjualan 18,6 persen, mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 55 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Sementara itu, Oppo dan Samsung menduduki posisi ketiga dan keempat berturut-turut. Pengiriman produk keduanya mengalami penurunan di kuartal I 2024 karena menurunnya minat konsumen pada segmen entry level.

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Di urutan kelima, Realme berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 9,8 persen. Febriman Abdillah melihat bahwa kelas mid-range akan terus tumbuh, terutama mengingat kondisi makro ekonomi yang membaik di Indonesia. Produsen ponsel perlu fokus pada merilis produk dengan teknologi terbaru, termasuk kecerdasan buatan (AI) dan sistem kamera yang lebih baik.

Dengan pertumbuhan yang pesat ini, berikut adalah lima merek ponsel 5G yang diminati oleh konsumen Indonesia:

Halaman Selanjutnya
img_title