LEBARAN 2024: Musim Mudik Telah Tiba, Rest Area Jalur Gentong Tasikmalaya Mulai Dipadati Pemudik

Rest Area SPBU Jalur Gentong, Tasikmalaya, Mulai Dipadati Pemudik
Sumber :
  • tvonenews.com/Denden Ahdani

Tasikmalayan, WISATA – Arus kendaraan warga yang mudik untuk berlebaran di kampung halaman mulai melintas di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ruas jalan di jalur ini mulai mengalami peningkatan pada H-7 lebaran 2024 atau Rabu (3/4/2024) dini hari.

Pantauan di rest area SPBU Jalur Gentong, para pemudik yang mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat, tampak beristirahat setelah melintasi Jalur Gentong yang dikenal memiliki tikungan tajam, serta tanjakan dan turunan yang curam.

Salah seorang pemudik roda empat asal Tangerang, Banten dengan tujuan Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Deni Sayuti (47) mengatakan, ia bersama keluarga memilih mudik lebih awal, karena ingin menghindari kemacetan.

Pasalnya, Deni masih trauma dengan mudik lebaran tahun lalu yang terjebak macet parah, setelah bertolak dari Tangerang ke Ciamis pada H-2 lebaran.

"Saya dari Tangerang mau ke Ciamis, milih mudik lebih awal karena biar gak macet. Saya kapok mudik mendekati lebaran, dulu mudik H-2 lebaran kejebak macet parah. Makanya, saya sama keluarga mudik di awal," kata Deni Sayuti, saat ditemui di Rest Area SPBU Jalur Gentong Tasikmalaya, Rabu (3/4/2024) dini hari.

Deni mengaku, selama perjalanan dari Tangerang hingga sampai di Jalur Gentong Tasikmalaya, tak menemukan kendala berarti, baik dari segi kemacetan, maupun kendala yang dialami kendaraan pribadinya.

"Alhamdulillah di jalan lancar, enggak macet sama sekali. Kendaraan saya pun enggak rewel, enggak ada kendala. Lancarlah ya, mudah-mudahan sampai kampung halaman," ucap Deni.

Pantauan di Jalur Gentong Tasikmalaya, volume kendaraan yang melintas memang semakin meningkat menjelang pagi.

Jalur Gentong didominasi pemudik yang datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya, dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Namun, dari arah sebaliknya yakni dari arah Tasikmalaya menuju Bandung, arus lalu lintas terpantau landai.

Diketahui, jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik pada libur Hari Raya Idulfitri tahun ini, diperkirakan mencapai 190 juta orang atau naik 56 persen dibandingkan tahun 2023.

"Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali. Kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei," kata Presiden Jokowi, usai menghadiri Pembukaan Kongres Hikmah Budhi di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Presiden mengatakan bahwa jumlah ini bukan jumlah yang sedikit, untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

"Saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal. Kalau tidak keluarganya dulu yang diberangkatkan untuk mudik, agar mudik kita tahun ini, semuanya berada pada posisi yang nyaman," kata Presiden.

(Sumber: tvonenews.com)

'Cermin Roh' Obsidian yang Digunakan oleh Peramal Istana Elizabeth I Berasal dari Aztec