Wow,… Ada FAM Trip Influencer India yang Digagas Kemenpareraf

Sandiaga Uno
Sumber :
  • https://kemenparekraf.go.id/

Jakarta, WISATA- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengadakan Familiarization Trip (FAM Trip) yang ditujukan kepada influencer asal India sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, khususnya dari pasar India.

Elon Musk Beri Efek Mengejutkan di Indonesia, Sandiaga Uno Beberkan Masa Depan Pariwisata Tanah Air

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa India merupakan salah satu kontributor utama wisman ke Indonesia. Selama ini, wisatawan India lebih tertarik mengunjungi Bali sebagai destinasi pernikahan mereka. Bali dianggap cocok bagi wisman India karena memiliki seni dan budaya yang mirip.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf dengan maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia yang akan fokus mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP). Dengan berbagai langkah strategis yang dijalankan bersama para mitra untuk mempromosikan Indonesia, diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan membuka peluang usaha seluas-luasnya," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Kemenparekraf dan TikTok Kolaborasi Kembangkan UMKM melalui Program “Jalin Nusantara”

FAM Trip ini merupakan tindak lanjut dari partisipasi Indonesia dalam pameran pariwisata internasional South Asia’s Travel & Tourism Exchange (SATTE) 2023 yang diadakan di New Delhi pada Februari 2023. Kemenparekraf/Baparekraf membawa para pelaku industri dari Labuan Bajo untuk menawarkan paket wisata kepada masyarakat di Indonesia. Melalui FAM Trip kolaborasi ini, Labuan Bajo juga akan diperkenalkan sebagai destinasi kelas dunia kepada para influencer India yang ikut serta.

Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, menjelaskan bahwa FAM Trip akan dilaksanakan pada 24 hingga 29 Juni 2023 di Labuan Bajo. Tiga influencer wisata dari India yang berpartisipasi adalah Anupriya (@anupriyakapur) Rashmi Chadha (@rashmichadha), dan Mahi Sharma (@maahieway).

Event Berkelas Dunia Hadir di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas pada Tahun 2024

Made menekankan bahwa meskipun Bali sudah menjadi destinasi yang sangat populer bagi wisatawan India, Kemenparekraf ingin memperkenalkan destinasi lain yang tidak kalah menarik, yaitu Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“Melalui FAM Trip ini, kami ingin menyampaikan pesan agar wisatawan mancanegara khususnya dari India dapat menambahkan destinasi Labuan Bajo dalam perjalanan wisata mereka ke Indonesia. Sangat mudah menuju ke sana, bisa melalui Jakarta langsung menuju Labuan Bajo dengan waktu penerbangan dua jam, bahkan kurang dari satu jam menggunakan pesawat dari Bali,” ujar Made.