Hati-hati Terjebak Berita Hoaks Seputar Pemilu 2024, Ini yang Terbaru!

Kominfo tangani isu hoaks
Sumber :
  • IG/rriprograma3

Wisata – Berita hoaks atau berita palsu bisa menjadi masalah serius, terutama saat periode penting seperti pemilihan umum saat ini. Untuk menghindari hoaks, Anda perlu memeriksa URL situs berita dan mencari tahu lebih lanjut tentang sumber berita tersebut.

Prakiraan Cuaca Kota Batu, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

Berikut ini adalah beberapa berita hoaks terbaru yang bertebaran di media online:

- Beredar sebuah unggahan video pada platform TikTok yang memperlihatkan Anies Baswedan berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo. Pada video tersebut ditambahkan pernyataan “Serah Terima Jabatan Presiden Sudah Dimulai. Pak Anies Tinggal Tunggu Dilantik Di Istana”. Unggahan ini membuat netizen mengira bahwa Anies Baswedan sudah ditetapkan menjadi presiden. Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, unggahan video yang menampilkan Anies Baswedan berjabat tangan dengan Presiden Jokowi bukanlah acara serah terima jabatan presiden, tetapi acara pertemuan Presiden Jokowi dengan tiga bakal calon presiden (bacapres) sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dilaksanakan. Unggahan video tersebut juga serupa dengan artikel milik liputan6.com dengan judul “Kompak Kenakan Batik, Tiga Bacapres Pemilu 2024 Penuhi Panggilan Presiden Jokowi” yang dirilis pada 30 Oktober 2023.

Prakiraan Cuaca Kota Malang, Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

- Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook berisi cuplikan berita dengan narasi yang menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 putaran kedua untuk menghindari kemarahan rakyat. Narasi KPU mengumumkan pelaksanaan Pilpres 2024 putaran kedua untuk menghindari kemarahan rakyat adalah tidak tepat. Karena penetapan jadwal putaran kedua Pilpres 2024 mengacu pada perintah Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, yang termaktub dalam Pasal 416 ayat 1 dan 2. Sementara itu, cuplikan video dalam unggahan identik dengan unggahan pada channel YouTube Official iNews berjudul "Antisipasi Putaran Kedua Pilpres, Ini Jadwal dan Skemanya". Berita tersebut disiarkan pada 13 Februari 2024, sebelum pemungutan suara berlangsung.

- Beredar di media sosial unggahan video memperlihatkan iringan mobil beserta rombongan orang berseragam dan seorang pria yang dikenal sebagai Hercules hendak memasuki gerbang putih dengan narasi berbunyi “Jokowi Panik, ada apa dengan Jokowi, sampai Hercules menjadi backing istana, ini menjatuhkan harga diri aparat keamanan negara” dan “Pertama dalam sejarah di Wakanda, istana di jaga selain Paspampres”. Faktanya Istana Presiden dijaga Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu Jaya (Grib Jaya) Hercules adalah keliru. Adapun video tersebut menunjukkan ketika rombongan ormas DPP Grib Jaya berada di Jalan Gerbang Pemuda hendak menghadiri kampanye akbar pasangan calon (paslon) nomor 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Stadion Gelora Bung Karno pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Prakiraan Cuaca Kota Surabaya Jawa Timur, Tanggal 28 Juni 2024

Itulah beberapa berita hoaks terbaru yang sangat menyesatkan. Selalu lakukan pengecekan fakta sebelum mempercayai dan menyebarkan berita yang Anda terima.

Sumber: infopublik.id