INFO HAJI: Perjalanan Ibadah Haji Menuju Puncak, Jemaah Terus Bertambah

Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Jakarta, WISATA- Setelah 30 hari sejak jemaah pertama masuk asrama haji pada 23 Mei 2023, operasional penyelenggaraan ibadah haji terus berjalan. Data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 20 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, menunjukkan bahwa jumlah jemaah haji yang telah tiba di Tanah Suci mencapai 191.208 orang atau 499 kelompok terbang.

Spekulasi Liar Penyebab Mundurnya Kepala Otorita IKN

Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat, Dodo Murtado, mengungkapkan bahwa jemaah gelombang II yang tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 87.185 orang atau 227 kelompok terbang. Selain itu, terdapat juga kedatangan jemaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah sebanyak 2.708 orang atau 9 kloter. Dengan demikian, total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi saat ini mencapai 191.208 orang atau 499 kelompok terbang.

Selain jemaah haji umum, terdapat pula jemaah haji khusus yang telah tiba di Tanah Suci sebanyak 10.725 orang yang tergabung dalam 188 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Kabar Buruk untuk Timnas Indonesia Yance Sayuri dan Nathan Tjoe-A-On Cedera saat Latihan

Dodo juga menginformasikan bahwa terdapat penambahan jumlah jemaah yang wafat. Hingga saat ini, total jemaah yang wafat di Arab Saudi mencapai 97 orang, dengan rincian 62 orang di Makkah, 32 orang di Madinah, dan 3 orang di Jeddah.

Dalam rangka menyambut puncak haji, PPIH telah mempersiapkan langkah-langkah strategis. Saat ini, hampir semua petugas haji telah berkonsentrasi di Makkah. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, telah melakukan peninjauan langsung terhadap fasilitas jemaah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Timnas Indonesia Siap Hadapi Laga Penentuan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Beberapa peningkatan layanan juga dilakukan. Tenda jemaah haji Indonesia telah dilengkapi dengan karpet merah, kasur busa, dan pendingin udara (AC). Peningkatan jumlah toilet di Arafah juga dilakukan dengan penambahan 10 toilet setiap Maktab. Selain itu, dapur-dapur untuk memasak makanan jemaah juga telah siap.

Salah satu peningkatan layanan yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi adalah penggunaan mobil golf. Mobil ini akan membantu pergerakan jemaah dari tenda di Mina menuju titik terdekat jamarat yang dapat dijangkau dengan mobil.

Halaman Selanjutnya
img_title