Kagama Beksan Menari Gambyong Pareanom Bersama di Keraton Kasunanan, Surakarta

Kagama Beksan Menari Gambyong Pareanom di Keraton Kasunanan Surakarta
Sumber :
  • Dian Nirmalasari

Solo, WISATAKagama Beksan adalah salah satu kegiatan Keluarga Alumni Gadjah Mada yang mempunyai tujuan untuk melestarikan tari tradisional Indonesia.

KAGAMA: Workshop “Cantik Lahir Batin ala Komunitas Kagama Cantik”….

Sejauh ini, Kagama Beksan ini mempunyai kegiatan serupa yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Setiap masing-masing wilayah dikoordinasi oleh koordinator wilayah yang sudah terbentuk, diantaranya Yogyakarta, Jabodetabek, Bogor, Solo, Bekasi, Semarang, Surabaya, Tangerang, Purwokerto dan Bandung.

Peserta yang tergabung dalam kegiatan ini, tidak harus merupakan alumni UGM (Kagama). Namun,  justru Kagama-lah yang menjadi wadah untuk mengajak masyarakat agar berlatih menari ngurupi budaya supaya tidak hilang.

INFO LOKER: Jangan Lewatkan "Sukoharjo Job Fair 2024', Ada 40 Perusahaan Ternama Cari Karyawan

“Karena Kagama Beksan adalah kegiatan yang diadakan oleh Kagama Virtual, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat dalam melestarikan budaya tradisional,” ujar Ketua Kagama Beksan, Dian Nirmalasari

Selama ini, berbagai kegiatan sudah digelar oleh Kagama Beksan di berbagai wilayah yang ada.

Lee Sang-Yi dan Han Ji-Hyun Jadi Pemeran Utama Drama Spin-Off Baru Berjudul ‘The CEO’s Meal Plan’

Diantaranya, menari  Gambyong Pareanom bersama yang didukung oleh 60 penari. Kali ini digelar di pelataran Keraton Kasunanan Surakarta bersamaan dengan Kirab Prajurit, yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.

 

Halaman Selanjutnya
img_title