Andri Fahruzi, Peternak Madu Milenial dari Lumajang yang Mendapat Penghargaan Pemuda Pelopor 2023

Andri Fahruzi
Sumber :
  • IG/andri.fahruzi

WISATA – Andri Fahruzi adalah seorang mahasiswa berusia 21 tahun, yang juga merupakan pemilik dari 1.000 kotak lebah berbagai jenis seperti klanceng dan trigona. Andri adalah warga Dusun Karangrejo, Desa Bedayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

YOGYAKARTA: Saat Liburan Sekolah, Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Orang Setiap Hari

Dikutip dari infopublik.id dan berbagai sumber lainnya, Andri adalah contoh sukses dari peternak lebah muda di Indonesia. Dia berhasil memanfaatkan lahan sempit di halaman rumah orangtuanya untuk beternak lebah liar. Saat ini, Andri memiliki 1.000 kotak lebah berbagai jenis seperti klanceng dan trigona. Selain itu Andri juga mendirikan Sekolah Kewirausahaan Madu di Desa Bedayu Lumajang sejak 2020, yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan tentang beternak lebah dan produksi madu. Inisiatif ini telah memberdayakan puluhan pemuda desa dan mensejahterakan ekonomi keluarga.

 

INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 2)

Andri Fahruzi dan Rumah Lebah

Photo :
  • IG/andri.fahruzi

Lebah Trigona, juga dikenal sebagai lebah Klanceng, adalah jenis lebah yang populer untuk dibudidayakan karena tidak memiliki sengat dan menghasilkan madu yang berkualitas tinggi. Dikutip dari kawanhewan.com dan berbagai sumber lainnya, lebah ini biasanya dibudidayakan dalam kotak khusus yang disebut kotak lebah Trigona atau kotak lebah Klanceng. Lebah ini mempunyai nama ilmiah Apis Florea yang merupakan spesies madu liar kecil di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Lebah jenis ini banyak dipilih oleh peternak karena harga madu Klanceng lebih mahal dari lebah madu lainnya. Menurut penelitian di Malaysia madu Klanceng memiliki khasiat 3 sampai 10 kali lebih bagus daripada madu lainnya.

INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 1)

 

Madu dari Lebah Klanceng

Photo :
  • IG/andri.fahruzi
Halaman Selanjutnya
img_title