INFO HAJI: Bimbing Jemaah Haji Lansia Niat Ihram, Petugas Ikut Naik Bus di Bir Ali

Petugas Membimbing Jemaah Haji Lansia Niat Umrah di Bir Ali
Sumber :
  • kemenag.go.id

Madinah, WISATARangkaian prosesi ibadah haji 2023 terus berlanjut menuju puncak haji. Secara bergelombang, Jemaah haji dari berbagai penjuru dunia, terus berdatangan ke Madinah dan Makkah, Arab Saudi. Bergantian pula, mereka menunaikan niat Ihram, salah satunya di masjid Bir Ali.

INFO HAJI 2024: Jemaah Haji yang Dirawat di Madinah Bertahap Diberangkatkan ke Makkah

Khusus bagi jemaah haji lanjut usia (lansia), mereka tetap berada di dalam bus, saat miqat di Bir Ali.

Petugas haji Indonesialah yang mengambil inisiatif naik ke dalam bus untuk membimbing jemaah lansia menunaikan niat umrah wajib.

INFO HAJI 2024: Tiba di Makkah, Jemaah Haji Disambut Senyum Ramah dan Smartcard

Petugas sektor khusus Bir Ali dan para pembimbing ibadah haji rela naik dan turun bus jemaah haji satu persatu, yang terparkir di terminal Hijrah, Madinah.

Kasi Bimbingan Ibadah Daker Madinah, Yendra Alhamidy menuturkan Bir Ali merupakan tempat jemaah haji gelombang I untuk mengambil miqat dan niat Ihram. Setelah itu, jemaah harus menghindari serangkaian larangan dalam ihram.

INFO HAJI 2024: Berangkat dari Madinah ke Makkah, Jemaah Haji Sudah Memakai Ihram dari Hotel

“Untuk memastikannya, kami harus masuk bus satu persatu untuk melihat apakah masih ada jemaah lansia atau tidak di dalam bus tersebut. Kami memastikan betul, jangan sampai ada yang terlewat,” jelas Yendra, panggilan akrabnya saat ditemui di Bir Ali Jum’at (16/06/2023).

Dijelaskan juga, bahwa jemaah lansia, disabilitas, risiko tinggi tidak wajib turun dari bus. Mereka tetap berada di dalam bus saja. Itu sudah sah niat umrahnya dan menjadi rukhsah atau kemudahan bagi jemaah dengan kondisi khusus seperti ini.

Halaman Selanjutnya
img_title