NATARU: Pelepasan Program Mudik Gratis oleh Kemenhub Bertema Transportasi Aman Liburan Nyaman

Pelepasan Mudik Gratis
Sumber :
  • infopublik.id

WISATA – Program mudik nataru dibuat untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas karena masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan akhir tahun. Program ini juga sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat. Penyelenggaraan mudik gratis Nataru ini baru kembali digelar setelah melalui masa COVID-19, karena memerhatikan hasil survei BKT. Kegiatan mudik gratis ini bertema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman'

MUDIK GRATIS: Alasan Mengapa Motor Listrik Tidak Dapat Ikut Program Mudik Gratis 2024

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) ke-11 kota di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun. Pelepasan dilakukan di dua Terminal yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur dan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Keberangkatan di Terminal Pulogebang, dilepas Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto. Robby menyampaikan perhatian penuhnya terhadap masih tingginya kecelakaan lalu lintas yang membuat Menteri Perhubungan atas arahan bapak Presiden mengambil suatu kebijakan untuk mengadakan program mudik gratis di angkutan Nataru ini. Lebih lanjut, Robby juga  menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan stakeholder dari Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan semua yang terkait, yang telah mendukung dan melaksanakan melancarkan program mudik gratis ini dengan baik.

YOGYAKARTA: Sri Sultan Lepas 1.839 Pemudik Gratis Lebaran 2024 ke Jawa Barat

Sementara pelepasan pemberangkatan bus di Terminal Kp. Rambutan dilakukan oleh Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya, didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan beserta jajaran. Lebih lanjut, Amin menyampaikan, selain dari adanya keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 kemarin dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar dalam laporannya menuturkan, kegiatan mudik gratis angkutan jalan Nataru 2023/2024 ini berdasarkan rencana dan operasi memiliki total kuota mudik sebanyak 3.600 peserta. Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, yang terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

MUDIK GRATIS 2024: Mau Pulang Kampung Naik Kapal Perang? Buruan Daftar Program-nya TNI AL ini!

Kemudian Kasubdit Iman berharap, penyelenggaraan mudik gratis angkutan jalan ini diberikan kelancaran dan keselamatan selama perjalanan dan tiba di tempat tujuan masing-masing dengan penuh kebahagiaan. Iman juga menyampaikan salam dan selamat berlibur serta berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga kepada peserta mudik.

Sumber : infopublik.id