GUNUNG MARAPI Meletus, Suara Gelegar Hebat Gegerkan Warga

Letusan Disertai Letupan Abu Vulkanik Membubung Tinggi Lebih dari 1 KM
Sumber :
  • infopublik.id

Agam, WISATA – Warga di wilayah Kabupaten Agam, Sumatra Barat digegerkan dengan letusan keras Gunung Marapi, Minggu (3/12/2023) sore.

Letusan keras yang disertai dengan letupan abu vulkanik yang membubung tinggi lebih dari 1 km itu, memicu ketakutan warga.

Letusan yang disertai semburan abu di udara itu, bertebaran di permukiman penduduk.

Abu dan batu-batu kecil beterbangan hingga ke wilayah Bukittinggi.

Warga yang bermukim di sepanjang pinggang Gunung Marapi sudah meningkatkan kewaspadaan.

Tim KSB Lasi, Kecamatan Canduang juga berulangkali menyampaikan informasi agar masyarakat yang masih berada di luar rumah, segera masuk ke rumah masing-masing untuk menghindari dampak abu vulkanik yang menyembur dari kawah gunung.

Saat ini, tim gabungan penanganan kebencanaan yang dikoordinir BPBD Agam sudah bergerak ke lokasi kejadian di wilayah Kecamatan Canduang, Ampek Angkek, Sungai Pua dan Banuhampu untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi muncul.

Jajaran BPBD Agam bersama unsur terkait di Pemkab Agam juga sudah bersiaga sesuai tupoksi masing-masing, untuk mengantisipasi dampak jika potensi letusan Gunung Marapi semakin tinggi.

Menurut Bambang Warsito, selaku Kepala BPBD Agam, pihaknya bersama unsur terkait sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk bersama KSB di berbagai nagari untuk bergerak bersama mengimbau warga segera masuk ke rumah masing-masing menghindari dampak abu yang beterbangan.

“Kita melakukan langkah-langkah antisipasi, terutama mengimbau warga menjauh dari potensi abu dan masuk ke rumah masing-masing, seperti yang dilakukan Katik, KSB Lasi,“ kata Bambang.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur terkait dan memantau perkembangan di lapangan.

“Mudah-mudahan tidak ada hal yang luar biasa," tambahnya.

(Sumber: infopublik.id)

GUNUNG MARAPI: Up Date, 47 Pendaki Terdampak Erupsi, 19 Selamat