MALANG: Hutan di Gunung Geger Terbakar, Diduga Akibat Cuaca Panas yang Timbulkan Percikan Api

Hutan di Gunung Geger, Malang Terbakar, Akibat Cuaca Panas
Sumber :
  • tvonenews.com

Malang, WISATA – Kebakaran hutan terjadi di kawasan Gunung Geger yang ditanami pohon jati, di wilayah hutan Perhutani Resort Pemangku Hutan (RPH) Rejosari Petak 12 G, di Dusun Bandarangin, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kebakaran diduga akibat panasnya cuaca sehingga memicu timbulnya percikan api akibat gesekan kayu kering, yang merambat dan membakar daun kering di kawasan hutan tersebut.

Kapolsek Pagak, AKP Supriyono mengatakan, peristiwa kebakaran diketahui oleh Kepala Resort Pemangku Hutan, Pramono, yang mengetahui adanya kepulan asap di sekitar hutan.

Mengetahui kejadian tersebut, ia kemudian melaporkan ke Polsek Pagak dan Kepala Desa (Kades) setempat.

“Selanjutnya, petugas Polsek Pagak mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman dibantu oleh warga sekitar,” terang AKP Supriyono kepada awak media, Jumat (13/10/2023).

Untuk memadamkan api yang telanjur menjalar, pihak Polsek menghubungi mobil damkar Kabupaten Malang untuk membantu proses pemadaman.

"Pukul 14.44 WIB, api berhasil dipadamkan dengan bantuan 3 unit damkar dan bantuan warga sekitar, petugas memerlukan waktu kurang lebih selama satu jam," tambahnya.

Sejauh ini, pihaknya menduga kebakaran dipicu karena cuaca yang sangat panas, hingga menimbulkan percikan api karena gesekan dari daun dan kayu.

(Sumber: tvonenews.com)

Mengejutkan, Hacker yang Retas PDN Berjanji untuk Memberikan Kunci Enkripsi Gratis pada Hari Rabu