Prabowo Subianto Ungkap Sifat Bangsa Indonesia yang Kadang Suka Bohong dan Nipu

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Viva.co.id/Tangkapan Layar Gerindra TV

Jakarta, WISATA - Prabowo Subianto, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju, secara terbuka mengakui bahwa bangsa Indonesia memiliki kecenderungan untuk kadang-kadang suka menipu bahkan berbohong. Pernyataan ini disampaikannya saat menghadiri acara Konsolidasi Zona III pemenangan Pileg Partai Bulan Bintang (PBB) di Padang, Sumatera Barat. Partai Bulan Bintang (PBB) merupakan salah satu partai yang turut bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

Seneca: Menghargai Kehidupan dengan Hidup Sesuai Alaminya

Awalnya, Prabowo mengungkapkan bahwa ada kader-kader Partai Gerindra yang memiliki kebiasaan untuk melakukan manuver politik yang cukup dinamis. Namun, dia menekankan pentingnya bagi setiap kader untuk melakukan introspeksi dan memperbaiki diri.

"Di Gerindra pun ada budaya suka lompat-lompat gitu, bikin manuver-manuver yang lucu. Kita juga harus koreksi diri ya," ujar Prabowo seperti dikutip dari VIVA pada Senin, 11 September 2023.

Francis Bacon: "Kebohongan yang Diterima dengan Senang Hati adalah Lebih Buruk daripada …"

Prabowo kemudian melanjutkan dengan mengamati bahwa bangsa Indonesia terkadang memiliki kecenderungan untuk melakukan penipuan dan berbohong. Menurutnya, terkadang masyarakat merasa senang jika upaya penipuan tersebut berhasil.

"Maaf, sifat bangsa Indonesia ini memang kadang-kadang suka bohong, suka nipu. Kalau berhasil nipu, senang," paparnya.

Prabowo-Gibran Bertemu Presiden Uni Emirat Arab, Bahas Kerja Sama dan Hubungan Bilateral

Tidak hanya itu, Prabowo dengan jujur menyebut bahwa banyak orang cenderung merasa senang ketika melihat orang lain mengalami kesulitan. Mereka juga sulit untuk mempertahankan rasa bahagia ketika melihat orang lain hidup dengan sejahtera.

"Senang melihat orang susah, susah melihat orang senang. Teman jatuh, pada ketawa. Ya sudah kembali ke yang serius, tadi itu hanya intermezzo," tutup Prabowo.

Halaman Selanjutnya
img_title