PERLINDUNGAN SOSIAL: Negara-negara yang Sudah Menerapkan Universal Basic Income (UBI) dan Hasilnya

Bantuan Gaji (ilustrasi)
Sumber :
  • Pexels

Malang, WISATA - Universal Basic Income (UBI) telah menjadi perbincangan yang menarik di berbagai negara sebagai bentuk perlindungan sosial. Beberapa negara telah melakukan eksperimen atau program UBI dalam skala kecil dan mendapatkan respon yang beragam. Berikut adalah beberapa contoh negara yang telah mencoba UBI dan beberapa hasilnya:

Bukan Hanya Indonesia, Inilah Deretan Negara yang Seringkali Mendapat Serangan Hacker

Baca juga: PERLINDUNGAN SOSIAL: Sejarah dan Perkembangan Universal Basic Income (UBI)

1.    Finlandia: Pada tahun 2017 hingga 2018, pemerintah Finlandia meluncurkan program UBI eksperimental yang diberikan kepada 2.000 pengangguran yang dipilih secara acak. Peserta menerima tunjangan bulanan tanpa syarat selama dua tahun. Hasil awal dari program ini menunjukkan bahwa peserta UBI merasa lebih bahagia dan kurang stres. Namun, program tersebut tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam tingkat lapangan kerja.

Ilusi Optik Misterius yang Membentuk Siluet 3 Ekor Kucing Membingungkan Pengunjung Taman Greenfield

2.    Kanada: Pada tahun 1970-an, Kanada meluncurkan program UBI eksperimental yang dikenal sebagai "Mincome" di provinsi Manitoba. Hasilnya menunjukkan bahwa ada penurunan dalam partisipasi tenaga kerja, terutama pada kelompok pekerja muda dan ibu rumah tangga, meskipun efek ini tidak begitu besar. Mincome juga membantu mengurangi kemiskinan di antara keluarga-keluarga yang berpartisipasi dalam program tersebut.

3.    Namibia: Pada awal 2000-an, sebuah program UBI bernama "Basic Income Grant" dilakukan di Namibia selama beberapa tahun. Program ini menyediakan tunjangan bulanan bagi sejumlah warga miskin di desa Otjivero-Omitara. Hasilnya menunjukkan bahwa program tersebut membantu mengurangi kemiskinan, meningkatkan akses ke pendidikan dan perawatan kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melissa Sue Anderson: setelah Berakting di Hollywood Kini Menetap di Kanada

4.    India: Negara bagian Sikkim di India meluncurkan eksperimen UBI dalam bentuk "Sikkim Universal Basic Income Experiment" (SKY). Program ini bertujuan untuk memberikan UBI kepada sebagian penduduknya untuk mengatasi kemiskinan dan mempromosikan kesejahteraan sosial. Meskipun program ini masih dalam tahap eksperimen, banyak perdebatan mengenai hasil dan dampaknya.

Harap dicatat bahwa semua eksperimen dan program UBI ini dilakukan dalam skala kecil dan belum mencakup seluruh populasi negara. Dampak yang lebih luas dari implementasi UBI di tingkat nasional mungkin akan berbeda dan memerlukan studi dan evaluasi yang lebih mendalam. Implementasi UBI di tingkat nasional dapat menjadi langkah yang lebih kompleks dan memerlukan perencanaan dan analisis mendalam terhadap sistem ekonomi dan sosial suatu negara.

Halaman Selanjutnya
img_title