INFO HAJI: Suhu Madinah Sangat Panas, Jemaah Lansia Diimbau Tak Paksakan Arbain

Suhu Madinah Sangat Panas, Jemaah Lansia Diimbau Tak Paksakan Arbain
Sumber :
  • kemenag.go.id

Wisata

Prakiraan Cuaca Kota Makassar Sulawesi Selatan, Tanggal 4 Juli 2024

Para jemaah haji lanjut usia (lansia) yang sudah tiba di tanah suci diimbau untuk menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan kesehatan penting karena suhu udara di Arab Saudi saat ini sangat tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Sekarang ini, suhu udara di kota Madinah mencapai hingga 40 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Banyuwangi Jawa Timur, Tanggal 4 Juli 2024

"Para jemaah haji khususnya para lansia, untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruang, mengingat saat ini, kondisi cuaca di Madinah sedang dalam kondisi terik panas dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius," ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Liliek Marhaendro Susilo (25/5/2023).

Di tengah suhu yang berbeda dengan di Tanah Air, jemaah haji diminta untuk menghemat tenaga agar bisa menunaikan rangkaian ibadah haji yang utama, seperti wukuf di padang Arafah nanti. Biasanya, setibanya di Madinah, banyak jemaah haji Indonesia yang melaksanakan salat berjamaah sebanyak 40 waktu atau arbain.

Prakiraan Cuaca Kota Batu Jawa Timur, Tanggal 4 Juli 2024

Liliek mengimbau agar ini tidak perlu dilakukan jika merepotkan atau bahkan membahayakan jiwa. Terutama bagi jemaah haji lansia, tidak perlu memaksakan salat berjemaah di Masjid Nabawi di tengah cuaca yang sangat panas ini. "Jemaah juga bisa menunaikan salat di pemondokan, untuk menghindari kelelahan," katanya.

Menurut Liliek, untuk menghindari kebingungan selama beribadah di Masjid Nabawi maupun saat kegiatan di Kota Madinah, ada beberapa panduan yang patut dilakukan.

Halaman Selanjutnya
img_title