Mengenal Seni Gorga Khas Batak Toba yang Hadir Sambut Peserta F1 Powerboat Di Silangit

Seni Ukir Gorga
Sumber :
  • IG/hairus9

Toba, WISATA – Pada penyambutan peserta F1 Powerboat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba. Seni Gorga adalah seni ukir khas suku Batak Toba yang biasanya terdapat di bagian luar rumah adat Batak. Gorga Batak merupakan ragam hias yang dibuat untuk memperindah rumah dan menjadi ciri khas rumah adat Batak.

Gorga Batak yang berupa pola hias ini diwariskan secara turun-temurun dan merupakan gambaran latar belakang pola pikir masyarakat Batak Toba. Bentuk dan arah hiasan tersebut memiliki makna dan arti. Motif gorga Batak mencerminkan falsafah atau pandangan hidup orang Batak Toba yang senang bermusyawarah, bersifat terbuka, terus-terang, dan kreatif.

Pada awalnya, Gorga Batak dikenal sebagai hiasan bagian luar rumah adat Batak Toba. Namun, pada perkembangannya, gorga Batak diterapkan pada aksesoris, alat musik tradisional, pakaian, bahkan pemakaman. Gorga dibuat dengan cara memahat kayu dan mencatnya dengan tiga warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Ketiga warna itu disebut tiga bolit. Gorga biasanya dibuat dari kayu yang lunak dan mudah dipahat. Nenek moyang orang Batak umumnya menggunakan kayu ungil atau kayu ingul. Sifat kayu ungil adalah kuat dan tahan terhadap sinar matahari langsung serta terpaan hujan, sehingga tidak mudah rusak atau lapuk.

 

Seni ukir Gorga

Photo :
  • IG/hairus9

 

Gorga Batak memiliki beberapa jenis berdasarkan cara pengerjaannya dan bentuknya: