The Historich Cimahi: Menelusuri Jejak Kolonialisme dan Nasionalisme di Bangunan Cagar Budaya

The Historich
Sumber :
  • IG/nahatekaratedojo

Cimahi, WISATA – Gedung The Historich adalah sebuah bangunan cagar budaya yang berada di Kota Cimahi, Jawa Barat. Gedung ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, sejak dibangun pada masa kolonial Belanda hingga saat ini. Gedung The Historich dibangun pada tahun 1895 dengan nama Sociated for Officied Cimahi. Dan dulunya digunakan sebagai tempat berkumpul dan hiburan para tentara dan bangsawan Belanda di Cimahi. Seperti misalnya kegiatan pesta dansa, minum-minum,main bilyar, dan lain lain.

Menurut berbagai sumber, setelah kemerdekaan Indonesia, gedung ini berganti nama menjadi Balai Pradjoerit Soedirman atau Gedung Sudirman. Gedung ini kemudian menjadi tempat berbagai kegiatan sosial, politik, dan budaya. Di gedung ini pernah diadakan rapat-rapat penting, pertunjukan sebni, dan pelatihan militer.

Pada tahun 1970-an, gedung ini sempat menjadi Gedung DPRD Kota Cimahi. Gedung ini akhirnya menjadi saksi bisu perkembangan demokrasi di Kota Cimahi. Karena di sini pernah terjadi perdebatan, perselisihan hingga kerusuhan politik.

Pada tahun 1980-an, gedung ini juga pernah menjadi tempat pelatihan bulu tangkis. Gedung ini menjadi sarana untuk mengasah bakat dan prestasi para atlet bulu tangkis Kota Cimahi. Di gedung ini pula pernah lahir beberapa pemain bulu tangkis nasional Indonesia.

Pada tahun 1990-an, gedung ini disewakan kepada pihak swasta dan berganti nama menjadi The Historich. Gedung ini difungsikan sebagai gedung kesenian dan hiburan. Di The Historich ini sering diadakan acara-acara seperti konser musik, pameran seni, festival film, dan lain lain.

The Historich

Photo :
  • IG/cimahi.ku