TUBAN: Seru dan Meriah, Puncak Festival IKM dan Gebyar Kreasi Batik, Ada Artis Lokal Sasya Arkhisna

Festival IKM dan Gebyar Kreasi di Tuban, Jawa Timur
Sumber :
  • tubankab.go.id

Tuban, WISATA – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 RI, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Kabupaten Tuban menggelar Festival IKM dan Gebyar Kreasi Batik.

Acara ini berlangsung di GOR Rangga Jaya Anoraga selama tiga hari, mulai hari Jumat (20/09/2024) dan mencapai puncaknya pada hari Minggu (22/09/2024) malam.

Puncak acara berlangsung meriah, dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

Plt. Kepala Disnakerind Tuban, Suwito menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk IKM (Industri Kecil dan Menengan) lokal Tuban sebagai bagian dari upaya mendukung gerakan Bangga Produk Tuban, yang bertujuan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

“Sekaligus memberikan sarana promosi dan pemasaran pada IKM di Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Suwito menambahkan, rangkaian kegiatan festival dimulai pada hari Jumat dengan Seminar IKM bertema "IKM Naik Kelas Melalui Standarisasi dan Kemasan Produk," yang diikuti dengan pertunjukan hiburan lokal.

Pada hari Sabtu, dilangsungkan Grand Final Pemilihan Putra Putri Batik Tuban.

Sementara pada puncak acara, ada penampilan Fashion Show Gebyar Kreasi Batik Tuban serta penyerahan penghargaan untuk IKM Berprestasi tahun 2024 oleh Forkopimda Tuban.

Tak hanya penghargaan IKM Berprestasi, Bupati Aditya Halindra Faridzky juga turut memberikan penghargaan kepada tiga pemenang terbaik dalam pemilihan Putra dan Putri Batik Tuban.

Setelah closing ceremony tersebut, masyarakat disuguhi penampilan memukau dari penyanyi lokal Jawa Timur asal Kediri, Sasya Arkhisna.

Dengan berakhirnya Festival IKM dan Gebyar Kreasi Batik Tuban, diharapkan setiap produk lokal semakin dikenal luas, serta IKM Tuban dapat naik kelas dan berdaya saing di pasar yang lebih luas.

Festival ini menjadi momentum penting dalam upaya mendorong kreativitas, inovasi, dan penguatan ekonomi lokal berbasis budaya daerah.

(Sumber: tubankab.go.id)