BANYUWANGI: Meriah, Perhelatan Festival Barong Kumbo Tampilkan Ragam Barong Banyuwangi

Festival Barong Kumbo di Banyuwangi
Sumber :
  • banyuwangikab.go.id

Banyuwangi, WISATA – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dikenal memiliki seni budaya yang kaya dan beragam.

Di antaranya, kesenian barong yang telah menjadi bagian penting dari identitas budaya Banyuwangi.

Ragam barong yang ada di Banyuwangi tersebut, ditampilkan dalam Festival Barong Kumbo di Lapangan Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari, pada hari Minggu (22/9/2024).

Ajang yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival 2024 ini, berlangsung meriah diikuti puluhan sanggar seni se-Banyuwangi yang seluruh anggotanya adalah anak-anak muda.

Tiap sanggar menampilkan kesenian barong hasil kreasi mereka.

Sedikitnya ada 28 barong yang ditampilkan, seperti barong kumbo rudo-rudo, barong prejeng, dan lainnya.

“Ini adalah bagian dari upaya pelestarian budaya. Kegiatan ini bukan sekadar hiburan biasa, namun menjadi ruang kreasi bagi anak-anak remaja yang kelak bisa mencintai dan melestarikan kesenian daerahnya,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membuka Festival Barong Kumbo.

Festival Barong Kumbo juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lainnya.

Diawali dengan pertunjukan “meras” barong kumbo rudo-rudo, yakni ritual memohon keselamatan untuk seluruh pelaku seni barong yang akan tampil kali ini.

Dilanjutkan dengan pertunjukan teatrikal yang menceritakan kisah barong kumbo rudo-rudo, serta diakhiri parade puluhan barong yang sangat atraktif menghibur penonton.

Tak hanya itu, di lokasi juga disediakan stan khusus yang memperlihatkan proses pembuatan barong.

“Barong merupakan salah satu kekayaan budaya lokal yang unik dan memiliki filosofi tinggi. Maka, ini harus terus kita kenalkan dari generasi ke generasi,” ujar Bupati Ipuk.

Bagi masyarakat Banyuwangi, Barong bisa berarti bareng-bareng (bersama-sama) melestarikan budaya dan menjalankan kehidupan.

Barong diwujudkan menyerupai singa yang melambangkan kegagahan.

Barong juga merupakan sebuah perwujudan kehidupan manusia, dimana bentuk kerukunan hingga keagungan Tuhan ada di dalam ornamen Barong tersebut.

Jenis barong juga beragam, ada Barong Kumbo Rudo-Rudo, Prejeng, Kemiren, Kucingan, Jaranan, Lundoyo, Naga, dan banyak lainnya.

(Sumber: banyuwangikab.go.id)