KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Inilah Wasit yang Akan Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain

Ahmed Al-Kaf
Sumber :
  • IG/ahmedalkaf

Manama, WISATA – Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf ditunjuk sebagai pengadil pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain. Duel lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini akan berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (14/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Ahmed Al Kaf menjadi wasit utama untuk pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain. Dia akan dibantu Abu Baker Al Amri sebagai asisten wasit 1 dan Rashid Al Gathi sebagai asisten wasit 2. 

Sementara Qasim Al Hatmi akan bertugas menjadi ofisial keempat sekaligus wasit cadangan pada laga malam hari nanti. Sedangkan untuk wasit yang menjaga Video Assistant Referee (VAR), AFC telah menunjuk wasit asal Kuwait Abdullah Al Kandri.

Sebagai informasi, Al Kaf yang mempunyai nama lengkap Ahmed Abu Bakar Said Al-Kaf ini adalah seorang wasit sepak bola profesional Oman yang berpengalaman. Al-Kaf telah menjadi wasit internasional penuh yang sudah mengantongi lisensi FIFA sejak 2010.  

Meski demikian, dia tak lepas dari rekam jejak kontroversial, karena dianggap mudah mengeluarkan kartu kepada pemain. Salah satu contohnya adalah ketika Al Kaf memimpin laga Al Nassr vs Al Ain pada Maret 2024 di Liga Champions Asia 2023-2024. Dia tercatat mengeluarkan total 9 kartu kuning dan satu kartu merah pada satu laga itu yang dianggap merugikan kedua tim.

Kontroversi lain dalam pertandingan yang dipimpin oleh Ahmed Al Kaf terjadi saat laga Arab Saudi vs Thailand di Piala Asia U23 2020. Al-Kaf itu dinilai telah menguntungkan Arab Saudi setelah memberikan hadiah penalti kepada The Green Falcon, usai me-review VAR.

Menjelang pertandingan di Bahrain National Stadium track record Al Kaf tersebut menjadi sorotan. Tentunya publik sepak bola Indonesia berharap ia memimpin pertandingan dengan adil. Namun tentu saja ada banyak kekhawatiran mengingat rekam jejak kontroversi wasit tersebut.