Medical Etnaprana: Babadotan, Herbal Multi Manfaat untuk Wellness

Tanaman Herbal Babadotan
Sumber :
  • Balitro

Malang, WISATA - Babadotan (Ageratum conyzoides) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah kehamilan, meredakan selesma, hingga mengobati luka.

Kandungan dan Manfaat

Babadotan mengandung berbagai senyawa aktif, di antaranya alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin. Senyawa-senyawa ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Membantu mencegah kehamilan. Babadotan memiliki sifat antiprogesteron, yaitu dapat membantu menurunkan kadar hormon progesteron. Hal ini dapat bermanfaat untuk mencegah kehamilan.
  • Membantu meredakan selesma. Babadotan memiliki sifat antiinflamasi, yaitu dapat membantu mengurangi peradangan. Hal ini dapat bermanfaat untuk meredakan selesma yang disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan.
  • Membantu mengobati luka. Babadotan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, yaitu dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengobati luka, bisul, dan eksim.

Resep Tradisional