Ibnu Sina dan Aristoteles: Membangun Jembatan antara Logika Yunani dan Medis Islam

Aristoteles dan Ibnu Sina (ilustrasi)
Sumber :
  • Image Creator Bing/Handoko

Jakarta, WISATA - Sejarah ilmu pengetahuan mencatat banyak tokoh besar yang berperan dalam membangun fondasi peradaban manusia. Salah satu di antaranya adalah Ibnu Sina atau Avicenna, seorang filsuf dan ilmuwan Muslim yang hidup pada abad ke-10 dan ke-11. Ibnu Sina tidak hanya dikenal sebagai bapak kedokteran modern, tetapi juga sebagai filsuf yang berhasil memadukan logika Yunani, terutama karya-karya Aristoteles, dengan prinsip-prinsip medis Islam. Artikel ini mengulas bagaimana Ibnu Sina membangun jembatan intelektual antara tradisi Yunani dan dunia Islam, serta pengaruhnya yang masih dirasakan hingga saat ini.

Ibnu Sina: Sang Jenius Universal

Ibnu Sina lahir pada tahun 980 M di wilayah yang sekarang disebut Uzbekistan. Ia menunjukkan kecerdasan luar biasa sejak usia muda, menguasai berbagai disiplin ilmu seperti filsafat, kedokteran, matematika, dan astronomi sebelum mencapai usia 20 tahun. Karya monumentalnya, Al-Qanun fi al-Tibb (Kanon Kedokteran), menjadi buku referensi utama dalam dunia kedokteran selama berabad-abad.

Sebagai seorang filsuf, Ibnu Sina dikenal karena kemampuannya dalam memahami dan mengembangkan karya-karya Aristoteles. Ia tidak hanya mempelajari logika dan metafisika Aristoteles, tetapi juga mengaplikasikan prinsip-prinsip tersebut dalam ilmu kedokteran, menciptakan sebuah sistem yang mengintegrasikan filsafat dan sains.

Logika Aristoteles dalam Pemikiran Ibnu Sina

Ibnu Sina mengadopsi logika Aristotelian sebagai alat utama untuk memahami dunia fisik dan metafisik. Dalam karyanya, Kitab al-Shifa (Buku Penyembuhan), ia menjelaskan bahwa logika adalah fondasi dari semua ilmu pengetahuan. Ia menggunakan metode deduktif dan silogisme Aristoteles untuk menjelaskan berbagai fenomena alam, mulai dari gerakan planet hingga struktur tubuh manusia.

Namun, Ibnu Sina tidak hanya menerima logika Aristoteles mentah-mentah. Ia mengkritik dan memodifikasi beberapa aspek pemikiran Aristoteles, terutama dalam bidang metafisika. Misalnya, ia mengembangkan konsep wajibul wujud (keberadaan yang niscaya) sebagai argumen keberadaan Tuhan, yang menjadi salah satu kontribusi terpentingnya dalam filsafat.