Mengapa Kucing Menggoyangkan Pantatnya sebelum Menerkam?

Ketika Kucing Bersiap Menerkam
Sumber :
  • Instagram/fendhza

Malang, WISATA – Seperti yang diakui banyak pemilik hewan peliharaan, saat kucing mereka bersiap menerkam, ia akan menggoyangkan pantatnya sedikit terlebih dahulu.

Gerakan menerkam dengan menggoyangkan pantat ini hanya berlangsung beberapa saat saat kucing itu berjongkok rendah dan menggoyangkan pantatnya sebelum melontarkan diri ke sasarannya yang terkadang adalah kaki Anda.

Meskipun belum ada penelitian formal mengenai perilaku aneh ini, namun menggoyangkan pantat dapat membantu menekan tungkai belakang ke tanah untuk memberi kucing tambahan gesekan (traksi) guna mendorongnya ke depan saat menerkam. Ini merupakan pendapat John Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusi di Royal Veterinary College di London dilansir dari livescience.com.

"Ini mungkin juga memiliki peran sensorik untuk mempersiapkan penglihatan, propriosepsi [kesadaran akan posisi dan gerakan seseorang] dan otot serta seluruh tubuh kucing untuk perintah saraf cepat yang dibutuhkan untuk menerkam," kata Hutchinson.

Menggoyangkan pantat juga dapat memberikan kucing semacam pemanasan aerobik.

Kucing peliharaan tidak sendirian dalam perilaku ini, kucing liar bahkan makhluk buas seperti singa, harimau dan jaguar, menggoyangkan pantatnya sebelum menyerang.

Karena kucing rumahan telah dijinakkan selama sekitar 10.000 tahun, jadi melalui kucing rumahanlah dapat dilakukan penelitian mengungkap misteri yang membingungkan ini.