Pabrik Bir Tertua di Dunia Ditemukan dalam Penggalian di Mesir

Pembuatan Bir di Mesir Kuno
Sumber :
  • facebook/archaeologyworlds.com

Malang, WISATA – Tempat pembuatan bir kuno berskala besar ditemukan di Mesir. Para arkeolog di Mesir telah menemukan pabrik bir tertua di dunia, yang berusia sekitar 5.000 tahun. Sebuah tim gabungan Mesir-Amerika menemukan tempat pembuatan bir di Abydos, sebuah kuburan kuno di gurun pasir.

Penemuan baru-baru ini di Mesir telah ditemukan di sebuah pabrik bir kuno.  Para arkeolog dari Amerika dan Mesir telah mensponsori penggalian ini.  Misi bersama ini diketuai bersama oleh Dr. Matthew Adams dari Institut Seni Rupa dan Deborah Vischak, asisten profesor sejarah seni dan arkeologi Mesir kuno di Universitas Princeton. Keberadaan pabrik tersebut sudah diketahui sejak awal tahun 1900-an, namun hingga kini belum ada yang bisa menemukan lokasi pastinya.

Dilansir dari egyptforamericans.com, pabrik bir tersebut terletak di kota Abydos, yang berjarak lebih dari 280 mil selatan Kairo, Mesir.  Abydos adalah kuburan kuno yang terletak di gurun di sebelah barat Sungai Nil.  Terkenal dengan monumen yang didedikasikan untuk Osiris, Abydos penuh dengan kuburan dan kuil dari masa awal Mesir kuno.  Pabrik ini dibangun pada zaman Raja Narmer, pemersatu Mesir kuno.  Kemungkinan besar dibuat dan digunakan pada awal Periode Dinasti Pertama (3150 SM – 2613 SM).

Pabrik tersebut terdiri dari delapan unit besar berukuran panjang 65 kaki dan lebar 8 kaki.  Setiap unit mencakup 40 baskom tembikar dalam dua baris.  Orang Mesir kuno menggunakan unit ini untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air, menghasilkan bir.  Meskipun meminum bir akan menciptakan pesta abad ini, pabrik bir ini digunakan untuk mengadakan ritual kerajaan.  Para arkeolog menemukan bukti yang menunjukkan orang Mesir Kuno menggunakan bir selama upacara pengorbanan.