HUT JAKARTA: Yuk, Ikut Workshop Tari Kinang Kilaras….18 Juni 2023

Tari Kinang Kilaras: Ceria, Senang, Menegangkan
Sumber :
  • Youtube: Unit Kesenian Mahasiswa UNJ

WisataTari Kinang Kilaras, sebuah tari etnik Betawi, sepanjang hari Minggu, 18 Juni 2023 ini, akan dibedah oleh penciptanya sendiri, Syarifudin atau yang lebih dikenal dengan Kang Udin.


Perhelatan ini dirangkum dalam sebuah lokakarya tari bertempat di EQ Dance Studio 2, Pejaten, Jakarta Selatan mulai pukul 9.00 WIB.
Gelaran Workshop Tari Kinang Kilaras ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-496.

Penyelenggaranya adalah Kagama Beksan Jabodetabek, sebuah komunitas seni dan budaya tari nusantara yang beranggotakan alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Kagama).

 

Belajar Tari Betawi Kinang Kilaras, Langsung dari Penciptanya

Belajar Tari Betawi Kinang Kilaras, Langsung dari Penciptanya

Photo :
  • Dok. Kagama Beksan


Tari Kinang Kilaras merupakan tari muda yang diciptakan tahun 2002. Kata “Kinang” merupakan kata yang diambil dari seorang legenda tari topeng Betawi, Mak Kinang. Tari topeng Betawi sendiri, diciptakan di tahun 1918 oleh Mak Kinang dan Kong Djiun. Hingga kini, masih bertahan dan resmi menjadi cagar budaya DKI Jakarta.
Sedangkan “Kilaras” bermakna gerakan yang selaras, yang mencerminkan gerakan yang harmonis dari para penari yang menarikan tarian ini secara berkelompok.
Gerakan-gerakan dalam Tari Kinang Kilaras terinspirasi dari Gerakan dalam tari topeng dan tari cokek, antara lain:
1. kewer, dimana kaki melangkah ke kiri dengan posisi badan merendah, kepala menghadap ke samping kanan, dengan tangan kanan ditekuk hingga jari-jari menyentuh pundak dan tangan kiri di pinggang.

Kagama Beksan Jabodetabek Latihan Tari Kinang Kilaras

Kagama Beksan Jabodetabek Latihan Tari Kinang Kilaras

Photo :
  • Dok. Kagama Beksan Jabodetabek