INFO KASET: White Snake, Heavy 37th Anniversary Self-Titled Album

Whitesnake Merilis Album "Self-Titled" pada 23 Maret 1987
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA Whitesnake merilis album ke tujuh mereka "Self-Titled" pada 23 Maret 1987, melalui Geffen Records dan di AS, pada 30 Maret 1987 melalui EMI Records.

Album ini menghasilkan hit power ballad besar, “Is This Love”.

Album ini juga menjadi hits besar yang pada akhirnya terjual lebih dari 8 juta buah di AS (mendapatkan 8x platinum).

Album ini mencapai Nomore 2 di Billboard 200 AS dan No. 8 di UK Albums Chart.

Kesuksesannya di AS mendongkrak pendahulunya, Slide It In, dari status emas ke 2x platinum.

Kesuksesannya juga membuat band menerima nominasi untuk Brit Award untuk Best Bristish Group pada 1988.

Whitesnake direkam di 5 buah studio: Little Mountain Sound Studios, Vancouver; Phase One Studios, Toronto, Kanada; Compass Point Studios, Bahama; Cherokee Studios; dan One On One Recording, Los Angeles dengan produser Mike Stone dan Keith Olsen.

Whitesnake menampilkan single-single: “Still of the Night” (rilis 9 Maret 1987), “Crying in the Rain ‘87” (rilis April 1987, promo), “Here I Go Again’87” (rilis Oktober 1987), “Is This Love” (rilis Desember 1987), dan “Give Me All Your Love (’88 Mix)” (rilis Februari 1988).

Selama tur pendukung untuk album terdahulu band Slide It In, hubungan penyanyi David Coverdale dan drummer Cozy Powell mulai mengalami gangguan.

Pada tahun 1985, setelah penampilan band di festival Rock in Rio di Brasil, pertunjukan terakhir dari tur Slide It In, Powell meninggalkan grup.

Sebelum kepergiannya, Coverdale sebenarnya hampir membubarkan band, tapi para petinggi di Geffen Records (dengan siapa Whitesnake telah teken kontrak hanya di AS. Sedangkan di luar AS mereka tetap dengan EMI), meminta Coverdale untuk terus bekerja dengan gitaris John Sykes, saat mereka melihat potensi di keduanya.

Pada musim semi tahun 1985, Coverdale dan Sykes pindah ke kota Le Rayol di sebelah Selatan Perancis, untuk mulai menulis materi untuk album baru.

Menurut Coverdale, bassis Neil Murray juga membantu dengan beberapa aransemen.

Dua lagu yang akan mencuat dari sesi ini adalah dua hit terbesar Whitesnake: “Still of the Night”, berdasrkan sebuah demo lama oleh Coverdale dan gitaris Deep Purple, Ritchie Blackmore dan “Is This Love”, awalnya ditulis untuk Tina Turner.

Coverdale, Sykes dan Murray, kemudian pindah ke Los Angeles, dimana mereka melatih dan mulai mengaudisi drummer.

Band melakukan audisi sebanyak 60 drumer, sebelum mereka menemukan Aynsley Dunbar.

Dengan lineup mereka yang lengkap, Whitesnake menuju ke Vancouver, Canada, untuk merencanakan rekaman baru.

Salah satu masalah baru yang dihadapai band adalah keinginan John Sykes untuk mencapai sound gitar yang spesifik yang dia inginkan, yang pada akhirnya menemukan pertolongan dari teman Coverdale dan penata rekaman Bob Rock, yang sebelumnya bekerja dengan Bon Jovi di album multi-platinum Slippery When Wet.

Masalah berikut yang dihadapi band adalah infeksi sinus yang dialami Coverdale.

Hal ini membuat produksi album di luar jadwal, terutama saat Coverdale menjalani operasi dan program rehabilitasi selama 6 bulan.

Sykes menjadi tidak sabar dan menyarankan untuk membawa seorang vokalis baru dan berlanjut tanpa Coverdale, yang akhirnya membawa akhir dari hubungan Coverdale, baik dengan John Sykes dan produser Mike Stone.

Setelah Coverdale pulih, dia mulai mengerjakan trek vokalnya dengan Ron Nevison, sebelum kemudian beralih ke Keith Olsen yang juga membantu mixing album.

Pemain kibord Don Aiey dan Bill Cuomo dibawa untuk merekam beberapa bagian kibord, juga pemain gitar asal Belanda, Adrian Vandenberg untuk merekam solo gitar untuk versi rekaman ulang dari lagu “Here I Go Again”.

Coverdale juga mendiskusikan kemungkinan Vandenberg segera bergabung dengan Whitesnake.

Di Eropa, album ini berjudul "1987", menampilkan urutan lagu yang berbeda dan dua lagu tambahan, “Looking for Love” dan “You’re Gonna Break My Heart Again”; di Jepang, album ini berjudul Serpens Albus (yang ditunjukkan teks yang tertulis di tata artistik album, dalam bahasa Latin berarti “Whitesnake”).

Untuk lineup baru band, Coverdale mendaftarkan gitaris Adrian Vandenberg (dengan siapa dia telah mendiskusikan rencananya), gitaris kedua Vivian Campbell (mantan Dio) dan seksi ritem dari proyek M.A.R.S. yang baru bubar, bassis Rudy Sarzo (mantan Quiet Riot dan Ozzy Osbourne) dan drummer Tommy Aldridge (mantan Black Oak Arkansas, Pat Travers, Gary Moore dan Ozzy Osbourne).

Lineup ini melakukan tur untuk mendukung album ini, dan muncul di video musik untuk “Still of The Night” (yang merupakan video paling diminati di MTV saat dirilis), “Is This Love”, “Here I Go Again” dan “Give Me All Your Love”.

Whitesnake mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus musik.

Martin Popoff memberikan 8 dari 10 bintang. Allmusic memberikan 4,5 dari 5 bintang. Record Collector memberikan 4 dari 5 bintang.

INFO KASET: Menikmati Suara Cadas David Coverdale dalam "Still of the Night".

Whitesnake Merilis Album

Photo :
  • FB: All Access Global ROCK Stream
Daftar Lagu:
1. Crying in the Rain
2. Bad Boys
3. Still of The Night
Halaman Selanjutnya
img_title