QUEEN: Heavy 40th Anniversary Queen II

Queen Merilis Album Kedua, Queen II, pada 8 Maret 1974
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA – Queen merilis album studio kedua mereka, Queen II, pada 8 Maret 1974 melalui Parlophone (Eropa), Elektra (AS), dan EMI (UK).

Album ini direkam di Trident Studios, London pada bulan Agustus 1973, diproduseri bersama oleh Roy Thomas Baker dan Robin Cable serta Queen, dan direkam oleh Mike Stone.

Album ini dikenal untuk kombinasinya akan sound heavy rock dan sensibilitas art rock.

Album ini disebut “a pillar of grandiose, assaultive hard rock” oleh Rock and Roll Hall of Fame.

Queen II bukan album konsep, tapi sebuah koleksi lagu dengan tema bebas yang mengalir.

Dua sisi dari LP asli diberi label “Side White” dan “Side Black” (bukannya sisi yang konvensional “1” dan “2”), dengan foto band berpakaian putih atau hitam pada sisi sebaliknay dari permukaan label rekaman.

White side memiliki lagu-lagu yang lebih bertema emosional dan black side hampir semuanya tentang fantasi, sering dengan tema yang gelap.

Foto sampul album Mick Rock sering digunakan kembali oleh band selama karir mereka, paling utama di video musik untuk lagu “Bohemian Rhapsody” (1975), “One Vision” (1985).

Dirilis dengan mendapatkan penerimaan yang beragam pada awalnya, Queen II menjadi salah satu album Queen yang kurang dikenal.

Namun demikian, album ini mendapatkan pengikut setia sejak perilisannya, mendapatkan pujian dari para musisi seperti Axl Rose, Steve Vai dan Billy Corgan, dan signifikan sebagai album pertama yang berisi elemen-elemen sound signature band dari overdub multi layer, harmoni vokal, dan gaya musik yang beragam.

Allmusic memberikan 4 bintang dari 5 bintang, Rolling Stones memberikan 2,5 bintang dari 5 bintang dan Pitchfork memberikan 7 bintang dari 10 bintang.

Queen II menelurkan sebuah single “Seven Seas of Rhye” yang dirilis pada 23 Februari 1974.

Daftar Lagu:
1. Procession (Instrumental)
2. Father to Son
3. White Queen (As It Began)
4. Some Day One Day
5. The Loser in the End
6. Ogre Battle
7. The Fairy Feller’s Master-Stroke
8. Nevermore
9. The March of the Black Queen
10. Funny How Love Is
11. Seven Seas of Rhye

Personel:
Freddie Mercury – lead and backing vocals, piano, harpsichord on "The Fairy-Feller's Master-Stroke", string piano on "Nevermore"
Brian May – electric and acoustic guitars, bells on "The March of the Black Queen", lead vocals on "Some Day One Day", backing vocals, piano and organ on "Father to Son"
Roger Taylor – drums, gong on "Ogre Battle", marimba on "The Loser in the End", backing vocals, additional vocals on one line of "The March of the Black Queen", lead vocals on "The Loser in the End"
John Deacon – bass guitar, acoustic guitar on "Father to Son"

Personel tambahan
Roy Thomas Baker – castanets on "The Fairy Feller's Master-Stroke", stylophone on "Seven Seas of Rhye"
Robin Cable – piano effects (with Mercury) on "Nevermore"

(Sumber: FB: All Access Global ROCK Stream)

INFO KASET: Guns N' Roses, Heavy 32nd Anniversary “November Rain”, Simak 7 Fakta Uniknya